Definisi Sukses

Setiap orang di dunia ini mendambakan kesuksesan. Baik kalangan pengusaha, dosen, mahasiswa, atau kalangan lainnya. Setiap orang mendefinisikan kesuksesan bermacam-macam. Seseorang akan menganggap diri mereka sudah sukses jika telah mendapatkan apa yang telah dicita-citakan. Namun, apakah parameter kesuksesan dari seseorang merupakan parameter kesuksesan bagi orang lain?Siapa tahu, bagi sebagian kalangan masyarakat beranggapan bahwa melanjutkan sekolah sampai S1 perguruan tinggi sudah dibilang sukses, tetapi bagi kalangan masyarakat yang lainnya beranggapan bahwa bisa melanjutkan sampai S3 ke luar negeri lah yang dibilang sukses.

Sukses itu sendiri bukanlah mutlak hasil dari kerja keras, tetapi dari sigma faktor-faktor pendukung lainnya. Ketika kita sudah mengerahkan semua usaha terbaik kita, belum tentu akan membuahkan kesuksesan. Jika kita perhatikan, untuk mencapai kesuksesan itu sendiri memerlukan strategi-strategi yang jitu, berpikir akurat dan efisien. Segenap usaha yang telah kita kerahkan perlu dibarengi dengan evaluasi sehingga tidak terlanjur salah melangkah.

Definisi sukses memang berbeda-beda bagi setiap orang. Setelah saya bertanya-tanya via yahoo messenger dan facebook, didapatlah definisi kesuksesan menurut masing-masing orang. Uniknya, ketika saya tanyakan hal ini pada sebagian kawan-kawan saya, mereka agak sedikit berpikir keras untuk mendefinisikan arti kata sukses ini. Mungkin mereka sedang lelah berpikir serius, jadi bukan karena belum memikirkan kesuksesan bagi diri sendiri kan?

“Kesuksesan adalah ketika seseorang mampu meraih hal yang menjadi target atau cita-citanya.” (Aulia Qiranawangsih)

Mampu melakukan sesuatu yang harus dilakukan.” (Amelia Riani)

Sukses menurut saya adalah, ketika hal yang diinginkan dan diusahakan menjadi kenyataan.” (Alan K. Fadliawan)

Definisi sukses menurut saya adalah, dapat menjalani kehidupan yg sesuai dengan keinginan hati sendri, bisa dinikmati tiap detiknya.” (Yuda Benyamin)

Keadaan dimana ketika target yang kita buat itu telah tercapai..” (Ismail Al-hajj)

Sukses dalam hidup adalah sebutan bagi orang yang selama hidupnya bisa mandiri dalam segala aspek, bisa berdiri sendiri, dan mampu menurunkan nilai-nilai hidup yang baik bagi orang-orang di sekelilingnya.” (Rhonita Dea)

Sukses adalah mencapai sesuatu yang telah ditargetkan. Jadi, kembali lagi ke target masing-masing. Ada yang menargetkan jadi PNS dan punya satu motor saja, dan ternyata itu tercapai, menurut si pelaku, itu sukses, tapi ada juga yang bercita-cita S2 di Eropa dan memiliki satu perusahaan terbesar di Indonesia, jika orang itu baru memiliki motor dan sebenarnya dia sudah jadi PNS, menurut si pelaku, itu belum sukses. Pada prinsipnya, kesuksesan itu relatif, tergantung dari target yang ingin kita capai. NAMUN, INI YANG PERLU DIINGAT, bahwa kita tidak mungkin mencapai suatu kesuksesan besar dengan seketika. Kesuksesan besar hanya dapat dicapai melalui akumulasi kesuksesan2 kecil.

Saya kasih contoh sederhana, tidak mungkin seseorang bisa menjadi juara nasional badminton kalau di tingkat RT-RW-nya saja pun dia tidak bisa bersaing. Tapi pasti seorang juara nasional bisa menjadi seorang juara melalui tahapan2 alamiah, misalnya, dari level turnamen kelurahan, kecamatan, kota, provinsi, dst..

Pada akhirnya, “A failure can be an energy, a success can be a poison. It depends on how grateful we are.” (Sigit Erdianto).

Mencapai suatu titik kehidupan seperti yang kita impikan” (Abdullah Hasni)

Berhasil mendapatkan apa yg kita inginkan dan tawakal terhadap hasil yang didapat mendapatkan keridhoan ALLOH SWT tur tiasa istiqomah dina jalanna!’ (Indra “beye”)

Melakukan usaha semaksimal mungkin, iktiar, istiqomah, apapun hasilnya, tapi harus bisa dapetin kepuasan dari usaha itu.” (Rahmi Husnayani)

Menurutku jika kita udah bisa mencapai apa yang kitaharapkan, kita rencanakan,  setelah kita berusaha :D” (Cucu Sukaenah)

Dapat mencapai sesuatu sesuai yang di targetkan tapi lebih dari orang lain.” (Raden Wiena)

Sukses tuh klo qta bisa mencapai apa yg qta targetin, bisa membahagikan diri sendiri jg orang lain, banyak uang blm tentu sukses jg” (Qisthyna Ghaisani)

Kalau saya boleh ikut berbagi, menurut saya sukses itu adalah :

Ketika kita telah meraih segala apa yang kita cita-citakan di dunia dan kita sekarang sedang berada di surganya Allah, segala usaha yang kita lakukan di dunia membuahkan keridhoan-Nya sehingga kita mendapat balasan tertinggi di akhirat (surga)” (Rizal dwi Prayogo)

wallahu’alam bisshowab..

Lalu apa definisi sukses menurutmu, kawan ?

@rizaldwiprayogo

About these ads

15 thoughts on “Definisi Sukses

  1. Erma Suwastika

    Berarti kamu belum sukses dong ya.
    Kan belum di surga.

    Definisi2 sukses di atas sangat bagus dan belum tentu terpikirkan oleh saya.

    Sukses bagi saya adalah saat saya menikmati setiap detik dari proses yang saya jalani.

    Saya tipe orang yang sangat menghargai proses.

    Reply
  2. Rizal Dwi Prayogo Post author

    Iya, definisi sukses di dunia belum tentu sukses jg di akhirat.. Kan sy jg ga tau akhir hayat sy gmn (allumma inni as’aluka min khusnul khotimah ,amin)

    Parameter sukses tiap orang beda2 dan susah diukur oleh orang lain, yg bisa mengukur diri sendiri..

    Reply
  3. Afif

    sukses versi saya adalah ketika kita bersyukur saat mendapat nikmat, bersabar ketika menghadapi ujian, dan saat setiap kejadian dalam hidup kita membuat kita menjadi makhluk yang lebih baik. :-)

    Reply
  4. Adjie

    Sukses adalah bagaimana seseorang berani keluar dari zona ‘nyaman’ dan menjadi lebih baik dari sebelumnya, begitu seterusnya!

    Reply
  5. mubarok

    Ikutan ya..

    Sukses adalah “melakukan yang terbaik pada semua hal yang saya lakukan”. Penekanan lebih ke prosesnya bukan end resultnya.

    Kalau kita dah berusaha yang terbaik ternyata hasilnya gagal bagi saya itu sudah merupakan suatu kesuksesan.

    Reply
  6. kanghar

    Sukses ituuu…, aku bisa melakukan sesuatu yang lebih baik dan lebih bermanfaat bagi diri apalagi bagi orang lain, hari ini daripada kemareeen…

    Reply
  7. nassel

    menurut saya, sukses dapat dibagi 2:
    1. Sukses secara umum adalah apabila seseorang berhasil mencapai apa yang menjadi keinginan dan harapannya.
    2. Sukses yang hakiki adalah: apabila seseorang bisa mendapatkan “kebahagiaan” pada kehidupan dunia dan sekaligus mendapat kebahagiaan pada kehidupan setelah dunia (di alam akhirat).

    Reply
  8. suryadi

    sukses menurut aku adalah,, ketika tercapainya impian dan bahagia dengan pencapaiannya,,,

    Reply
  9. rino

    kesuksesan adalah buah keberhasilan dari apa yang kita usahakan didunia ini. Baik sukses didunia maupun di akhirat.

    Reply
  10. Indah Autamor

    kesuksesan itu menurut saya adalah dimana seseorang yang sudah berhasil mencapai tujuannya dan ingin lebih dari apa yang ia dapatkan sekarang .

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s