Kesenian Gondang

Kesenian Gondang Merupakan kesenian tradisional (Seni Buhun). Awalnya Gondang biasa dilakukan sehabis panen, karena hasil padi yang melimpah. Juga merupakan luapan kegembiraan serta rasa syukur kepada Allah SWT. Bukan hanya para penduduk yang panen saja yang bergembira , tetapi juga merupakan suatu
kesempatan bagi kaum muda untuk mendapatkan pasangan. Adapun alat-alat kesenian Gondang diantaranya adalah Lisung, Halu, Kecapi, Kendang, Goong, Kohkol dan Angklung Buncis.

“Awalnya merupakan suatu penghormatan terhadap Dewi Sri yang dalam mitologi Sunda dipercaya sebagai Dewi Padi. Yang melakukan gondang yaitu wanita yang dianggap suci atau sudah tidak menstruasi (menopause). Itu dulu waktu di Jaman Prabu Siliwangi,” (pikiran-rakyat.com)

Kesenian Gondang

Kesenian Gondang

Mungkin cerita yang diceritakan dalam pagelaran kesenian gondang ini hampir sama, atau mungkin memang itu lah cerita ketika ber-gondang ria. Ceritanya, Ada sekelompok putri remaja sedang ber-gondang ria, tiba tiba datang lah sekelompok remaja putra merayu para remaja putri. Para remaja putri ini menolak dengan tegas rayuan si remaja putra. Dirayu sampe beberapa kali rayuan, embel embel dan janji, di tolak terus. Setelah beberapa kali rayuan, akhirnya luluh juga. Tapi walaupun begitu, para remaja putri ini akan menerima para remaja putra dengan syarat-syarat tertentu. Jadi, ada syarat dan ketentuan berlaku gituh..

Esensi dari kesenian ini : setiap tujuan yang ingin dicapai harus diimbangi dengan niat dan usaha yang baik, InsyaAllah akan diberi keberkahan oleh Allah..

Urang Sunda, Urang Nu Miara..!!

2 thoughts on “Kesenian Gondang

  1. Pingback: Kesenian Gondang « hasdianadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s