Tips Menghindari iklan via e-mail

Men-download dan menyortir e-mail iklan sangat memberatkan dan memakan waktu lama. Bagaimana jika mempercayakan pekerjaan tersebut kepada sebuah program yang secara otomatis dapat mem-filter spam? Bagi pemilik Mozilla atau FireBird mungkin telah mendapatkan kemudahan mengatasi masalah tersebut, karena filter spam telah terintegrasi di dalam program-program tersebut, sehingga Anda dapat membuang berita-berita yang tidak diinginkan dari inbox dengan baik.

Untuk aplikasi tersendiri, POPFile (http://popfile.sourceforge.net) menawarkan sebuah filter spam yang bekerja di antara Mailprogram dan Mailbox POP3 Anda. Sewaktu Anda mengambil mail, program e-mail Anda akan menghubungi POPFile yang kemudian mengambil mail dari server POP3 Anda. Keuntungannya adalah sebelum tool itu mengirimkan mail ke program mail Anda, terlebih dahulu ia akan memeriksa isi dan menandai sesuai dengan kategori. Dengan bantuan tanda tersebut program mail seperti Outlook dapat mem-filter mail dan memasukkannya ke folder tertentu. Untuk melakukan hal tersebut, POPFile membutuhkan sedikit waktu.

Apabila filter POPFile gagal menyaring e-mail spam-nya yang pertama, Anda harus menyusunnya secara manual. Dari penyusunan Anda tersebut, POPFile akan memutuskan bagaimana ia memperlakukan e-mail berikutnya yang isinya sama dengan e-mail yang Anda susun secara manual tersebut. Semakin sering Anda melatih program ini, semakin tinggi ketepatannya dalam mengenali e-mail spam nantinya. Kerugiannya adalah, meskipun POPFile merupakan salah satu filter spam terbaik, namun program seperti ini tidak membereskan masalah langsung dari akarnya. Begitu e-mail spam ada di mail-box Anda, hal tersebut sebenarnya telah merugikan Anda. Hal ini disebabkan oleh karena mail harus ditransfer ke PC Anda, supaya filter spam pada program mail berfungsi.

Akan lebih baik jika spam mail sudah dihentikan sejak dari server mail. Mail provider seperti GMX sebenarnya sudah menawarkan perlindungan terhadap spam sejak awal. Dengan GMX Anda dapat mem-forward mail ke alamat e-mail pribadi Anda. GMX dapat memeriksa seluruh mail yang masuk dan meneruskan mail yang “bersih” kepada Anda. Pekerjaan selanjutnya dapat diserahkan kepada POPFile yang akan membersihkan sisa-sisa sampah iklannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s