Hikmah Isra Miraj

Sebuah kutipan dari dzikrullah.co.cc, dengan sedikit perubahan redaksi.

Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang.
Maha suci Allah yang telah menjalankan hambaNya pada suatu malam dari masjidil haram ke masjidil aqsha yang telah kami berkahi sekelilingnya, agar kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda – tanda ( kebesaran ) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.
( Qs. Al Isra’ 1 )

Hadits Nabi SAW :

Pada malam aku di isra kan, aku dalam keadaan antara tidur dan terjaga, datanglah kepadaku Jibril dan berseru : “ Bangunlah hai Muhammad”, lalu aku bangun dan mendengar Jibril berkata kepada Mikail yang berada disampingnya: “Cobalah beri kepadaku bejana air Zam-Zam guna aku sucikan hatinya dan aku lapangkan dadanya”.

Lalu dibedahlah perutku lalu dicucinya tiga kali dengan tiga bejana air, lalu dibelah dadaku kemudian dibersihkan dan dipenuhinya dengan hikmah ilmu dan iman, dan dikedua bahuku dicapkanlah tanda kenabian. Kemudian aku dibawa oleh Jibril ke mata air Zam-Zam, disuruhnya aku berwudlu dengan air itu atau dengan air dari sungai “kautsar” dan berkatalah ia: “ berangkatlah hai Muhammad”, aku bertanya : “ kemana?”, Ia menjawab : “ ke Tuhanmu dan Tuhan segala sesuatu”……….

Mari kita telaah Hadits Nabi SAW diatas,

Isra Miraj merupakan peristiwa diturunkannya perintah sholat. Sholat, menurut Sayyid Quthb adalah hubungan langsung antara manusia yang fana dan kekuatan yang abadi. Ia adalah waktu yang telah dipilih untuk pertemuan setetes air yang terputus dengan sumber yang tak pernah kering. Ia adalah kunci perbendaharaan yang mencukupi, memuaskan, dan melimpah. Ia adalah pembebasan dari batas-batas realita bumi yang kecil menuju realita alam raya. Ia adalah angin, embun, dan awan di siang hari di siang hari bolong nan terik. Ia adalah sentuhan yang lembut pada hati yang letih dan payah.

Nabi SAW bersabda : Ash sholaatu mi’rajun mu’min (sholat itu adalah alat mi’rajnya orang mu’min / beriman )

Pelajaran apakah yang dapat kita ambil ?

Bahwa Nabi SAW dapat menghadap Allah langsung melalui peristiwa isra’ mi’raj, tapi Nabi SAW melalui sabdanya menjelaskan, bahwa umatnya yang beriman dapat mi’raj langsung ke hadirat Allah SWT, melalui sholat, maka sesungguhnya sholat adalah hadiah dari Allah untuk umat Muhammad SAW.

Maka inilah hikmah terbesar Isra’ Mi’raj Nabi SAW buat umatnya.

Lari hanya menujuNya, meloncat hanya ke haribaanNya, walau duri merantaskan kaki, walau kerikil mencacah telapak, sampai engkau lelah sampai engkau payah sampai keringat dan darah tumpah. Maka kekhusyu’an akan datang kepadamu ketika engkau beristirahat dalam sholat. Saat kau rasakan puncak kelemahan diri di hadapan Yang Maha Kuat. Lalu kaupun pasrah, berserah..

Waalahu’alam bisshowab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s