Seandainya Jadi Mendiknas

Iseng-iseng nih ikutan kuis dari Facebook. Kuisnya jabatan menteri apa yang cocok sama kamu? dan jawabannya adalah Menteri Pendidikan Nasional. Wah, suatu amanah yang besar menurut saya, sangat berperan besar untuk membangun Indonesia di sektor pendidikan.

Bagaimana tidak? Negara yang katanya negara dengan penduduk terpadat keempat di dunia (atau udah berubah ya statusnya?) masih banyak yang mengandalkan kemampuan negara asing untuk membangun perekonomian bangsa. Jika mau berpikir logis, seharusnya dengan potensi besar yang dimiliki, Indonesia sudah bisa ber-swasembada. Tapi memang dasar dari pendidikannya yang kurang terperhatikan, malah lebih memperhatikan cari kerja dulu ketimbang mencari ilmunya dulu.

Mengingat sebagian universitas, atau bahkan ITB yang sudah menjadi BHMN, membuat pendidikan tinggi itu semakin tidak terjangkau oleh si “kecil” (rakyat miskin). Terlihat dari sistem PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) yang lebih banyak dari kalangan USM yang konon mengalir dana hingga ratusan juta rupiah. Dengan begitu, jalur reguler yang bisa dicapai (SNMPTN) mendapat imbas berkurangnya kuota.

Pendidikan bukan hal yang main-main. Bangsa Jepang saja ketika dibom atom oleh sekutu pada waktu itu langsung bangkit lebih cepat. Pada waktu setelah dibom atom, justru hal yang pertama diantisipasi adalah berapa jumlah guru yang masih hidup? Begitu konsennya bangsa Jepang terhadap pendidikan. Pendidikan memang salahsatu dasar dari moralitas dan mentalitas bangsa.

Tapi kini dengan alokasi 20% APBN untuk pendidikan diharapkan bisa meningkatkan kualitas dari pendidikan di Indonesia, khususnya di daerah-daerah. Dan tentunya, angka 20% itu bukanlah angka fikitif, janjinya pendidikan gratis tapi malah diikuti embel-embel. Bangkit terus saudara-saudaraku! Indonesia butuh kita semua!

2 thoughts on “Seandainya Jadi Mendiknas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s