Cara Setan Menggoda Bani Adam

Dalam rangka menyesatkan bani Adam dari jalan yang lurus, setan mempersiapkan cara dan jebakan-jebakan. Ada enam tingkatan jebakan yang dipasang setan untuk menjerat bani Adam sebagaimana yang diteraangkan
para ulama, yaitu :

Pertama : setan akan berupaya menjerumuskan bani Adam ke lembah kekafiran atau kesyirikan. Namun bila bani Adam selamat dari jebakan ini, setan akan menggunakan cara berikutnya.

Kedua : setan akan berusaha menjatuhkan bani Adam ke lembah bid’ah sehingga ia mengamalkan bid’ah dan menjadi ahlil bid’ah. Namun bila bani Adam termasuk ahli sunnah dan tidak mampu diperdaya, maka setan akan menggunakan cara berikutnya.

Ketiga : setan akan menggoda bani Adam untuk melakukan dosa-dosa besar. Namun bila Allah menjaganya, maka setan akan menggoda dengan cara lain.

Keempat : setan akan menggoda bani Adam untuk melakukan dosa-dosa kecil dan menganggapnya remeh. Bila gagal, maka setan akan menggoda dengan cara lain.

Kelima : setan akan menyibukkan bani Adam dengan perkara mubah sehingga mereka lalai dari perkara pokok. Namun bila bani Adam selamat dari perangkap ini, maka setan akan menggunakan cara yang terakhir.

Keenam : setan akan menyibukkan bani Adam dengan amalan yang rendah nilai pahalanya, misalnya dia menyibukkan bani Adam dengan amal sunnah sehingga melalaikannya dari amal wajib. Demikian seterusnya (Lihat Madakhilus Syaithon ‘alas shalihin 9-10)

Bila ada seorang yang selamat dari enam perangkap setan tersebut, maka dia termasuk hamba Allah yang ikhlas yang tidak dapat digoda oleh setan dengan taufiq dan hidayah dari Allah Ta’ala.

Wallahu’alam bisshowab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s