Ringan Tapi Pahalanya Besar (bag. 1)

1. Mendoakan orang lain mendapat pahala sebanyak orang yang didoakan
Barangsiapa yang mendoakan mu’min laki-laki atau perempuan miscaya Allah akan memberi pahala kebaikan dari setiap mu’min laki-laki dan perempuan yang didoakan” (HR At- Thabrani dan dianggap hasan oleh Albani).

Betapa besarnya pahala mendoakan orang lain. Bayangkan saja, setiap habis sholat kita tak lupa mendoakan orangtua, teman-teman kita maka kebaikan itu berlaku pula bagi kita. Tapi harus diingat, kita tidak boleh mendoakan hal-hal yang tidak mungkin terjadi, misal kita mendoakan teman kita supaya jadi nabi atau malaikat. Kita juga tidak boleh mendoakan orang kafir agar diampuni, itu bisa jadi dosa, tapi kalau meminta agar orang kafir itu mendapat hidayah keislaman, itu baru boleh.

2. Menjenguk orang sakit akan didoakan oleh 70.000 malaikat
Ali ra. Berkata: Saya mendengar Rasulullah saw. Berkata, “Apabila seorang muslim menjenguk saudaranya, ia terus menerus berada dalam taman surga dan akan diliputi rahmat. Kalau menjenguk pagi hari, ia dishalawati (dido’akan) tujuh puluh ribu malaikat hingga sore. Dan kalu menjenguk sore hari, ia dishalawati tujuh puluh ribu malaikat hingga pagi.” (HR. Abu Daud, Ahmad, Ibnu Majah, dan Baihaqi).

Pasti kita ingin didoakan, apalagi oleh malaikat. Begitu mendengar teman kita sakit, niatkan untuk menjenguknya selama kita tidak ada halangan.

3. Membaca satu huruf dari Al-Quran akan mendapat sepuluh kebaikan
Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitab Al-Quran maka ia akan mendapat sepuluh kebaikan dan setiap kebaikan memilki sepuluh kelipatan pahala. Aku tidak berkata Alif Laam mim itu satu huruf tapi Alif satu huruf, Lam sati huruf, dan mim satu huruf” (HR Tirmidzi)

Daripada menonton acara gosip, infotainment yang mengumbar aib orang lain. Lebih baik kita menyibukkan diri dengan kebaikan.

4. Sholat berjamaah (di masjid)
Dari Jabir, katanya: Keadaan disekitar masjid terasa sangat sunyi, lalu Bani Salimah punya keinginan pindah rumah ke dekat masjid. Lalu hal ini terdengar oleh Nabi SAW, dan sabdanya: “Kudengar kalian akan pindah mendekati masjid?” jawab mereka: “Benar ya Rasul, kami punya keinginan demikian“. Kemudian Nabi SAW besabda: “Hai Bani Salimah, tetaplah kamu bertempat tinggal di kampungmu, sebab langkah perjalananmu ke masjid akan dicatat dalam amalmu” (diulang dua kali). Akhirnya mereka berkata: “Oleh sebab itulah kami tiada berkeinginan pindah dari kampung kami”. (HR Muslim)

Selama tidak ada halangan, selagi kita sehat, selagi tidak ada kedaruratan, tunggu apa lagi? ketika mendengar adzan, langsung kita jawab dengan langkah-langkah menuju masjid.

5. Tasbih, tahmid, dan takbir sesudah sholat fardu
Barangsiapa setelah selesai sholat fardu membaca subhanallah sebanyak 33 kali, membaca alhamdulillah 33 klai dan allahuakbar 33 kali kemudian disempurnakan dengan membaca laa ilaaha illallahu wahdahu laa syariikalahu lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syaiin qodiir maka niscaya akan diampuni dosa-dosanya meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR Muslim)
Jika setelah sholat, jangan langsung beranjak, jangan ingin buru-buru pergi, tahanlah sejenak untuk berdzikir, insyaallah manfaatnya pun untuk kita sendiri.

…….bersambung.

2 thoughts on “Ringan Tapi Pahalanya Besar (bag. 1)

  1. Pingback: Ringan Tapi Pahalanya Besar (bag. 2) | .rizaldwiprayogo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s