Ringan Tapi Pahalanya Besar (bag. 2)

Lanjutan dari tulisan sebelumnya.

6. Sholawat sekali dibalas 10 kali rahmat Allah
Abu Hurairah mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa yang bersholawat untukku satu kali, maka Allah akan menutunkan 10 sholawat (rahmat) kepadanya.” (HR. Muslim)
Barangsiapa yang bersholawat sebanyak sepuluh kali saat pagi dan petang, maka dia akan mendapatkan syafaat dari Rasulullah di hari kiamat kelak.” (HR. Thabrani)

Setelah selesai sholat atau kapanpun, luangkan waktu kita untuk berdzikir dan bersholawat. Salam Allah adalah rahmat untuk hambaNya, sholawat Allah bisa berarti juga ampunan untuk hambaNya. Jika ingin sholawat yang paling baik, baca saja Sholawat Ibrohimiyah (sholawat di tahiyatul akhir).

7. Tiap-tiap kebaikan dicatat sebagai sedekah
Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, amar ma’ruf adalah sedekah, mencegah kemungkaran adalah sedekah, dan pada setiap anggota tubuh salah seorang diantara kalian adalah sedekah. Engkau mendamaikan orang yang bertikai adalah sedekah, engkau menolong seseorang menaikkan barang bawaannya ke atas kendaraannya adalah sedekah, kalimat yang baik adalah sedekah, setiap langkah yang kalian tempuh untuk sholat (di masjid) adalah sedekah, menghilangkan duri di jalan adalah sedekah, dan engkau menjumpai saudaramu sesama muslim dengan wajah yang ceria adalah sedekah” (dikumpulkan dari 3 hadits)

Begitu banyak pintu-pintu sedekah. Bahkan menuliskan status yang bermanfaat di Facebook, atau memberi note kebaikan insyaallah termasuk sedekah, daripada menuliskan status-status yang tidak begitu penting dan cenderung mengumbar aib pribadi. Mari jadikan Facebook ini jadi kebaikan buat diri sendiri dan orang lain.

8. Orang masbuk mendapat pahala sempurna seperti orang yang tidak masbuk
“Barangsiapa yang berwudhu dan dia membaguskan wudhunya kemudian dia pergi ke masjid ternyata ia dapatkan orang-orang telah selesai sholat, maka Allah memberikan ganjaran kepadanya seperti orang yang hadir menunaikan shoat tersebut tanpa pahalanya itu berkurang dari pahala mereka sedikitpun.” (HR Abu Dawud, Nasai, dishahihkan oleh Albani)

Ternyata ada syaratnya, coba cermati kandungan haditsnya. Syaratnya yaitu : Harus wudhu di rumah (jika tak memungkinkan, Allah yang Mahatahu), sempurnakan wudhu, tidak ada unsur kesengajaan meninggalkan sholat jamaah.

9. Puasa Arafah menghapus dosa dua tahun
Dari Abu Qatadah al Anshari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Sesungguhnya Rasulullah ShallallaHu ‘alaiHi wa sallam pernah ditanya tentang keutamaan puasa pada hari Arafah, maka beliau menjawab, “Ia (puasa Arafah) menghapus (kesalahan) tahun yang lalu dan yang sesudahnya” (HR. Muslim)

Di dalam hadits yang mulia di atas terdapat dalil dan hujjah yang sangat kuat tentang waktu puasa ‘Arafah, yaitu pada hari ‘Arafah ketika manusia wuquf di ‘Arafah. Karena puasa ‘Arafah ini terkait dengan waktu dan tempat, bukan dengan waktu saja seperti umumnya puasa-puasa yang lain.

Saling mengingatkan untuk puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijah.

10. Surat Al-Ikhlas sama dengan sepertiga Al-Quran
“Sesungguhnya Rasulullah bertanya kepada para sahabatnya, “Adakah diantara kalian yang mampu membaca sepertiga Al-Quran dalam satu malam?” Maka hal itu tampaknya memberatkan mereka, sehingga mereka berkata, “Siapa diantara kami yang mampu melakukannya ya rasulullah?” Maka beliau menjawab, “Qul huwallahu ahad Allahushshomad adalah sepertiga Al-Quran.” (HR Bukhari).

Bisa berapa kali kita khatam? 3x Al-Ikhlas = Khatam 1 Quran.

…….. Bersambung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s