Fenomena 2012 dan Serba-Serbinya

Akhir-akhir ini marak sekali pembicaraan seputar kiamat di tahun 2012, baik itu dari segi ilmiah melalui pengamatan para ahli. Diperkirakan akan terjadi tabrakan meteor ke bumi yang akan menghancurkan sebagian isi bumi dan akan memengaruhi iklim di bumi sehingga akan memengaruhi pula pada kehidupan seluruh makhluk di alam semesta ini.

Itulah yang diramalkan oleh para ahli, tapi ada yang perlu kita cermati tentang ramalan itu sendiri. Ramalan artinya memperkirakan apa yang akan terjadi pada masa mendatang. Ditinjau dari jenisnya, ada dua macam ramalan :
1. Ramalan ilmiah
adalah prediksi ilmuwan berdasarkan fakta dan data yang bisa dipertanggungjawabkan dengan IPTEK. Adapun ramalan tentang kiamat pada tahun 2012 yang diramalkan para ahli, kita ambil manfaatnya bahwa memang alam itu berada dalam seuatu keteraturan dan keseimbangan. Jika alam sudah tak seimbang lagi, maka hal itu hampir bisa diramalkan secara ilmiah dengan disiplin ilmu yang ada. Para ahli bisa meramalkan bahwa akan terjadi hantaman meteor ke bumi pada tahun 2012, dan bisa meramalkan kerusakan yang dapat ditimbulkan. Saking kerusakan yang dialami begitu besar, maka para ahli meramalkan bumi ini akan hancur, dan mungkin itu pendefinisian kiamat menurut mereka.

2. Ramalan Wahyu
adalah prediksi Nabi yang dibimbing dengan wahyu. Misalnya
Dalam sebuah hadis diriwayatkan oleh Ahmad, rasulullah saw bersabda :“ Islam itu bermula dalam keadaan asing dan akan kembali menjadi asing, seperti permulaannya,maka berbahagialah orang yang asing “. Sahabat bertanya : ya rasulullah : Siapakah orang asing itu ? Rasulullah menjawab : Itulah orang yang berbuat baik di waktu manuisa berbuat kerusakan “. Dari hadis ini dapat dilihat bahwa menjadi orang yang baik disaat semua orang rusak merupakan suatu kebahagian, bukan kehinaan. Disaat semua orang berbuat korupsi, kita menjadi orang yang jujur adalah asing, aneh, tetapi itu merupakan kebahagiaan.

Rasulullah bisa meramalkan bahwa Islam akan kembali menjadi asing karena bimbingan wahyu.

3. Ramalan mistik
adalah prediksi manusia berdasarkan informasi jin. Misalnya, ramalan tentang jodoh, kematian dll. Padahal urusan itu hanya Allah yang Mahatahu. Banyak Fenomena kemusyrikan sekarang-sekarang ini, ambil contonya saja, pasti pada tau tentang SMS REG_RAMAL, REG_MAMA LOREN dan bla bla yang berbau khurofat. Percayalah sobat, itu kemusyrikan yang tersamarkan. Andai saja saya bertemu dengan mama Loren Langsung, saya ingin sekali bertanya,”Mama loren, kapankah anda Meninggal??” Sekali-kali tidak bisa ia jawab. Percayalah sobat, itu urusan Allah.

Balik lagi dengan fenomena 2012, kita bisa menggolongkan itu termasuk ramalan ilmiah (tapi jangan meng-klaim akan terjadi kiamat), dan ramalan mistik yang hanya akan mendangkalkan akidah kita.
Mari kita simak Q.S 7:187 :“Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba.” Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.”

Hati-hati sobat, dulur.. Pendangkalan akidah sedang marak, tugas kita untuk terus saling mengingatkan.. Kita sudah bisa bijak menyikapi masalah masing-masing.

Wallahu’alam bisshowab.. Hanya Allah yang Mahatahu..

3 thoughts on “Fenomena 2012 dan Serba-Serbinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s