Keterbatasan Manusia Dalam Film 2012

Film 2012 yang diisukan sebagai film tentang kiamat, ternyata salah besar. Bayangkan saja, hari kiamat itu lebih dahsyat dari sekedar gunung api meletus dan menyemburkan lavanya. Hari kiamat itu lebih dahsyat dari tsunami setinggi gunung Himalaya. Ya karena keterbatasan akal manusia dan imajinasi manusia pun tak mampu menjangkau dahsyatnya huru-hara kiamat.

Film 2012 tak lain hanyalah film yang bercerita tentang bencana alam yang terjadi di sebagian besar daerah di bumi tapi tidak sampai semuanya. Coba kita simak Q.S 101 : 1-5 dan Q.S 99 1-6, pada ayat-ayat tersebut nampak jelas huru-hara yang terjadi dan bahkan alam pun hendak mengeluarkan isinya. Bahkan gunung-gunung pun berhamburan bagaikan kapas. Pada film 2012, gunung-gunung hanya meletus mengeluarkan lava panas.

Coba perhatikan bahtera yang dibuat di daerah Cina, ketika tsunami datang menghantam bahtera, mustahil bahtera dapat bertahan dengan kokoh. Tsunami itu memiliki kekuatan yang besar dan tentu saja akan menghancurkan bahtera, tapi di film itu bahtera tetap baik-baik saja. Tentu tsunami pun akan membawa ‘sampah’ yang hanyut, tapi di film itu nampak air tsunami bersih dari ‘sampah’.

Bayangkan ketika peristiwa tsunami besar telah beres, tertulis tanggal 27 Januari 0001. Mungkinkah awak bahtera dapat bertahan selama itu di bahtera yang mungkin akan kehabisan bahan makanan? bagaimana dengan kondisi di bahtera?sangat tidak logis.

Memang akal manusia terbatas untuk menjangkau hal-hal yang bersifat ghoib, hanya Allah yang Mahatahu akan segala yang ghoib, di film inilah dibuktikan bahwa akal dan imajinasi manusia terbatas.

Wallahu’alam

2 thoughts on “Keterbatasan Manusia Dalam Film 2012

  1. Aditya Bagus Setyawan

    Itu Sangat Mustahil Bung! Masa Tanggalnya 27 Januari 0001 Mana Mungkin Kehidupan Dimulai Lg Dari Awal Kaya Game Aja..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s