Islam, Itulah Maharku

Ummu Sulaim masuk Islam bersama orang-orang yang pertama masuk Islam. Lalu menawarkan Islam kepada suaminya, namun dia menolak dan marah kepadanya. Suaminya menginginkan keluar bersamanya dari Madinah ke Syam, tapi istrinya tidak mau dan menolak. Maka pergilah suaminya dan meninggal disana. Ia adalah seorang wanita yang cerdas dan cantik, laki-laki berlomba-lomba untuk menikahinya.

Lalu Abu Tholhah meminangnya sebelum ia masuk Islam, maka Ummu Sulaim berkata: ”Adapun aku, sungguh ingin kepadamu dan tidaklah pantas orang sepertimu ditolak, akan tetapi engkau adalah seorang laki-laki kafir sedangkan aku Wanita Muslimah, jika engkau masuk Islam maka itulah maharku, aku tidak minta selain dari itu”. Ia menjawab: ”Aku akan tetap dalam Agamaku”. Berkata Ummu Sulaim: “Wahai Abu Tholhah, bukankah engkau tahu bahwa Tuhanmu yang engkau sembah adalah berupa kayu yang tumbuh dari bumi yang dibuat oleh kaum Habsy Bani Fulan?”. Abu Tholhah berkata, “Benar”. Ummu Sulaim berkata: ”Apakah engkau tidak malu bahwa yang engkau sembah adalah berupa kayu dari tumbuhan bumi yang dibuat oleh kaum Habsyi Bany Fulan? Wahai Abu Tholhah…jika engkau masuk Islam maka aku tidak menginginkan mahar yang selain dari itu”. Abu Tholhah berkata: “Aku pertimbangkan dulu masalah ini”.

Lalu ia pergi. Kemudian ia datang kembali menemui Ummu Sulaim dan berkata:

Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah kecuali Allah Subhanahu Wata’ala, dan Muhammad adalah Rasulullah ShollAllahu ‘Alaihi Wasallamullah.”

Lalu Ummu Sulaim gembira dan berkata: “Wahai Anas nikahkanlah Abu Tholhah”, maka ia menikahkannya. Tidak ada satu mahar pun yang lebih mulia dari pada mahar Ummu Sulaim yaitu Islam.

Dikutip dari buku : Ketegaran Wanita-wanita Muslimah karya DR. Muhammad bin Abdurrahman Al-Arify

One thought on “Islam, Itulah Maharku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s