Perenungan Di Akhir Tahun Untuk Tahun-Tahun Yang Lebih Baik.

Akhir tahun di depan mata, tahun baru Maseh 2010 akan kita jelang. Banyak peristiwa tahun 2009 yang cukup menjadi sorotan publik. Mulai dari peristiwa jebolnya situ Gintung tanggal 28 Maret, Gempa di Jawa Barat dan Sumatra Barat di awal Oktober, wafatnya WS Rendra dan Mbah Surip awal Agustus, tewasnya gembong teroris Noordin M 19 September. Top, hingga kasus KPK Century yg berkepanjangan, ditambah wafatnya Gus Dur di penghujung tahun.

Kini awal tahun hanya menghitung jam sejak catatan ini dibuat, lalui apa resolusi kita di tahun 2009?
“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Yang sering menggelitik, banyak fenomena di awal tahun yang terjadi terus berulang-ulang. fenomena apa itu? yah benar, TUKANG RAMAL. Mulai dari Mama Loren, Ki Joko Bodo, dan bla bla bla..
Selalu dan pasti, di acara infotainment selalu ada sesi itu.
infotainment : “Bagaimana penerawangan Mama Loren di tahun 2010 ini?
Mama Loren (LR) : “Akan ada bencana alam, akan ada kematian… dan bla bla bla..”.
infotainment : “Bagaimana dengan nasib si anu, si ini, si itu….??
LR               : “Dia akan begini, dia akan begitu,……..“.

Pernahkah terpikir, bagaimana dengan nasib tukang ramal itu sendiri. Jika kamu menjadi interviewer tukang ramal nya, coba tanyalah, “bagaimana dengan nasib anda tukang ramal..??” Dan mungkin tukang ramal akan menjawab, “##$$&*@@><…..??????“. Apa tukang ramal itu bisa menjamin kita di akhirat? tidak satupun, kecuali amal-amal kita.

Hati-hati sahabat, fenomena kemusyrikan yang tersamarkan. Mulai dari ramalan via SMS ketik REG spasi nganu, ketik REG spasi ngono atau yang lainnya, hingga ramalan tukang ramal.

Sebab, di antara yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. adalah bahwa hal-hal yang gaib tidak ada yang mengetahuinya selain Allah.

Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang gaib, kecuali Allah. Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang gaib, tak ada yang mengetahuinya selain Dia sendiri.

Bahkan Nabi Muhammad saw sendiri tidak mengetahui hal-hal ghaib kecuali yang diberitahukan Allah kepadanya melalui wahyu, karenanya Allah berfirman kepadanya:

Begitu juga jin, yang oleh para tukang sihir dan dukun dimintai pertolongan, mereka juga tidak memiliki kemampuan untuk mengetahui hal-hal gaib. Al-Quran menceritakan bahwa jin-jin Nabi Sulaiman alaihis-salam tidak mengetahui kematian beliau. Maka tatkala ia tersungkur, tahulah jin itu bahwa kalau sekiranya mereka mengetahui yang ghaib, tentulah mereka tidak tetap dalam siksa yang menghinakan.

Jadi buat apa ramalan? Yuk sama-sama kita mempersiapkan resolusi tahun 2010 yang makin terus membaik.

Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan sahabatnya.

Ya Allah Engkaulah Yang Abadi, Dahulu, lagi Awal. Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan Kedermawanan-Mu tempat bergantung.

Dan ini tahun baru benar-benar telah datang. Kami memohon kepada-Mu perlindungan dalam tahun ini dari (godaan) setan, kekasih-kekasihnya dan bala tentaranya.

Dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan, agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan Kemuliaan.

Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, Nabi yang ummi dan ke atas para keluarga dan sahabatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s