Fungsi Masjid Di Tengah-Tengah Masyarakat

Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” Q.S 9 : 18

Allah Swt berfirman dalam hadits Qudsi :
Demi kemuliaan dan keagunganKu, sesungguhnya Aku bermaksud akan menurunkan siksaaan kepada penduduk bumi, tetapi ketika Aku lihat penghuninya sedang memakmurkan rumahKu (masjid), saling mengasihi sesamanya karena Aku, melakukan istighfar di waktu sahur. Aku palingkan siksaan itu dari mereka.”

Barangsiapa yang hendak pergi ke masjid hendak sholat berjamaah, maka satu langkah menghapus kesalahan dan satu langkah lagi dituliskan baginya suatu kebaikan (diangkat derajatnya), baik dikala pergi maupun pulang.” (HR Ahmad dan Ibnu Hibban)

Pada masa Rasulullah Saw, masjid digunakan sebagai “markas utama”. Dalam penyusunan strategi perang dilakukan di masjid, untuk menyelesaikan masalah umat dilakukan di masjid, untuk berdiskusi tentang agama dan kehidupan dilakukan di masjid. Sungguh indah, begitu banyak kebaikan yang bisa kita dapat di masjid.

Masjid bisa juga menjadi media silaturahim paling TOP. Bayangkan saja, puluhan bahkan ratusan orang berdatangan ke masjid untuk melaksanakan sholat berjamaah, dari momen itulah kita bisa saling salam, sapa, atau bahkan bertemu dengan teman lama. Sungguh indah ukhuwah yang terjalin karena sama-sama mencintai masjid.

Masih banyak keutamaan-keutamaan lain tentang masjid, mari kita gali hikmahnya dan mudah-mudahan Allah mempermudah langkah dan niat kita untuk tetap memakmurkan masjid. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s