Ini Dibangun Dengan Ukhuwah

Heran melihat gambarnya?bingung dengan maksudnya?bagi yang melihat sekilas, itu memang sebuah gambar yang tidak bermakna, tapi bagiku dan sahabat-sahabat “wali songo”, ini melambangkan ukhuwah. Kami menyebutkan diri sebagai wali songo karena kami berasal dari berbagai perwakilan daerah pada acara National Leadership Youth Camp 2010 lalu.

Bagaimana tidak? di pagi hari yang diguyur hujan, kami sudah bersiap-siap untuk outbond. Padahal hari itu, kondisinya tidak memungkinkan karena hujan tidak berkompromi dengan kami. Kami berlari dari pos ke pos untuk mendapatkan poin sebesar kontrak yang telah kami sepakati dan tentu kami akan diberi sanksi jika melanggar kontrak (tenang, sanksinya bukan sanksi pidana atau kurungan).

Pagi yang diguyur hujan tidak meyurutkan langkah-langkah lebar kami untuk mendapatkan poin, pos demi pos dilalui walaupun ada beberapa pos yang tidak sesuai dengan harapan target poin kami. Poin-poin yang kami kumpulkan digunakan untuk “membeli” bahan-bahan untuk kemudian digunakan untuk menyelamatkan negara kami (sebelumnya, panitia memberikan sebutir telur sebagai lambang negara yang tidak boleh kami pecahkan). telur itu harus kami akali agar tidak pecah ketika dijatuhkan dari tempat tinggi. Jika telur itu pecah, kami diasumsikan tidak bisa menjaga negara.

Dibawah guyuran air hujan yang menusuk-nusuk kulit kami, yang merenggut kehangatan diantara kami, telur itu mulai dibungkus dengan konsep teknik sipil. Telur dibungkus dengan sedotan dan dililit selotip. Semangat untuk menjaga negara tidak boleh surut hanya karena guyuran hujan. Semangat menjaga negara akan terasa lebih indah jika dibalut denan ukhuwah, begitu filosofi yang kudapat.

Saatnya pengujian, mungkin sekitar 4 meter ketinggian pohon itu. Ya, rancangan pertahanan “negara” mulai diuijicobakan. Buk!, terdengar “negara” telah dijatuhkan dan subhanallah, rancangan pertahanan kami berhasil! Telur tidak pecah dan ini mengasumsikan bahwa kami bisa menjaga negara. “Jadikan kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa, Ya Allah..” Amin.

One thought on “Ini Dibangun Dengan Ukhuwah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s