Wajah Pemimpin-Pemimpin Kita

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.

Secara sederhana, leadership bisa didefinisikan sebagai ilmu dan seni memengaruhi orang lain. Seperti yang dikatakan oleh bapak Adhyaksa Dault dalam acara National Leadership Youth Camp 2010, bahwa kepemimpinan itu ditopang oleh 4 kekuatan :

  1. Kekuatan Inspirasi
  2. Kekuatan Motivasi
  3. Kekuatan Solusi
  4. Kekuatan Memprediksi

Rasulullah adalah pemimpin sejati, sukses dalam pemerintahan, sukses dalam keluarga, sukses dalam masyarakat, sukses dalam kemiliteran, sukses dalam bisnis, sukses dalam memberikan perngaruh kepada setiap orang. Bahkan dalam buku karya Michael H. Hart yang berjudul Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah, Nabi Muhammad Saw mendapat urutan pertama daftar Seratus Tokoh yang berpengaruh di dunia itu.

Bicara tentang pemimpin kita di masa kini, nilai-nilai kepemimpinan yang ditanamkan Rasulullah sudah mulai pudar. Bisa kita lihat sinetron KPK-Cetury dengan pemeran utama Anggodo, Antasari Azhar, Bibit – Candra, Sri Mulyani, Boediono yang hingga kini entah sudah masuk episode berapa. Bisa kita lihat teater terbuka pemeriksaan tokoh-tokoh yang terlibat dalam Kasus Century dengan jam tayang berhari-hari, mudah-mudah yang bermain teater tidak lupa waktu sholat.

Melihat pajabat-pejabat negara kita yang mendapat fasilitas mobil mewah bertentangan sekali dengan keadaan rakyat kita yang masih butuh dana untuk pendidikan, dana untuk sembako dan keperluan hidup lainnya. Berdasarkan Peraturan Menkeu No 64/PMK.02/2008 tentang standar biaya umum APBN 2009 tertanggal 29 April 2008, jumlah anggaran maksimal untuk pengadaan mobil pejabat negara Rp 400 juta per unit. Apabila itu dikalikan dengan jumlah pejabat yang berhak yaitu 79 orang maka nilainya mencapai Rp 31,6 miliar. Sedangkan harga mobil merek Toyota Crown Royal Saloon menurut keterangan pemerintah mencapai Rp 800 juta per unit sehingga total anggarannya menjadi Rp 63,9 miliar. WOW!!

Apakah mobil dinas itu benar-benar efektif?Salah seorang pejabat DPD (kalau tidak salah) telah mengembalikan mobil mewah itu, tapi apa tanggapan sebagian orang? “Pejabat itu hanya cari muka….”. Hal ini menyadarkan kita bahwa setiap kebaikan yang kita lakukan belum tentu dibalas dengan kebaikan juga oleh manusia, tapi bisa juga dibalas dengan sinisme bahkan keburukan. Tapi Allah Yang Mahatau dan pahala disisi Allah lah yang kekal.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s