Nikah Siri Diperkarakan, Zina Hal yang Lumrah?

Negeri kita kembali menimbulkan kontroversinya. Departemen Agama baru-baru ini mengeluarkan RUU HMPA bidang perkawinan yang menyatakan bahwa pelaku nikah siri, poligami, dan nikah kontrak itu akan terkena pidana. Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud M. D, mentakan bahwa nikah siri dan kawin kontrak akan merugikan pihak perempuan.

Menurut ketua MUI KH, Ma’ruf Amin, nikah siri itu secara syarat rukunnya sudah sah, tetapi bisa juga menjadi hal yang haram jika ada korban yang ditimbulkan akibat dilakukannya nikah siri. Selama ini nikah siri yang dipahami masyarakat adalah pernikahan yang sah secara agama tetapi tidak tercatat di KUA. Jika memenuhi syarat dan rukunnya secara syar’I, nikah siri model ini jelas tetap sah. Akan tetapi, pernikahan siri akan lebih banyak merugikan kaum perempuan, seperti sulit untuk menuntut hak nafkah jika terjadi masalah dalam rumah tangganya, susah mendapat hak waris jika suami meninggal, dan sulit mendapat akta kelahiran bagi anak-anaknya.

Pemberian tindak pidana kepada pelaku nikah siri ini tidak proporsional jika dibandingkan dengan pelaku seks bebas. Perilaku seks bebas menimbulkan lebih banyak mudhorot, seperti aborsi, penyakit menular, sampai degradasi moral. Hal inilah yang perlu ditindak lebih serius ketimbang nikah siri.

Menurut survey Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), diperoleh fakta bahwa 63% remaja usia sekolah SMP dan SMA mengaku pernah melakukan hubungan seks dan 21 persen diantaranya pernah melakukan aborsi. Naudzubillah.

Hingga hari ini, dalam KUHP tidak ada satu pasal pun yang menindak pelaku perzinahan, selama dilakukan atas dasar suka sama suka. Intinya, zina sudah dianggap hal lumrah karena dilakukan atas dasar suka sama suka, zina bukan tindakan kriminal. Akibatnya, perzinahan dianggap hal biasa padahal sebenarnya merupakan dosa besar di sisi Allah. Kasus inilah yang mesti mendapat perhatian lebih dan serius ketimbang gejala nikah siri dan poligami.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s