Facebook for Tarbiyah, Ukhuwah, and Dakwah

Pengguna facebook di Indonesia sudah semakin bertambah. Facebook sudah merambah berbagai kalangan usia, mulai dari kalangan remaja ABG, orang dewasa, dan orang tua. Dengan persebaran usia yang lebih didominasi oleh remaja dan dewasa, facebook bisa dijadikan media pembelajaran sejak dini.

Kini, sarana pendidikan tidak hanya bisa didapat melalui kelas-kelas saja atau tempat-tempat bimbingan belajar. Dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih, media pendidikan mulai tersebar luas dan mudah diakses. Facebook adalah salahsatu media pendidikan itu.

Jika kita perhatikan belakangan ini kasus-kasus yang berkaitan dengan facebook, begitu banyak penggunanya yang menyalahgunakan. Perkembangan teknologi informasi dan jejaring sosial ini tidak bisa digunakan secara bijak. Dampaknya, semakin banyak orang yang kurang bisa mengambil manfaat dari situs jejaring sosial ini.

Facebook for Tarbiyah

Menurut Wikipedia, Tarbiyah berasal dari bahasa Arab yang berarti pendidikan, sedangkan orang yang mendidik dinamakan Murobi. Secara umum, tarbiyah dapat dikembalikan kepada 3 kata kerja yg berbeda, yakni:

  1. Rabaa-yarbuu yg bermakna namaa-yanmuu, artinya berkembang.
  2. Rabiya-yarbaa yg bermakna nasya-a, tara’ra-a, artinya tumbuh.
  3. Rabba-yarubbu yg bermakna aslahahu, tawallaa amrahu, sasa-ahuu, wa qaama ‘alaihi, wa ra’aahu, yang artinya masing memperbaiki, mengurus, memimpin, menjaga dan memeliharanya (atau mendidik).

Facebook bisa menjadi salahsatu media tarbiyah. Bagaimana tidak?kita bisa menuliskan status, notes, ataupun memberikan link yang bermanfaat bagi teman-teman kita. Kita bisa belajar tentang wawasan keislaman lebih dalam dari murobbi kita, walaupun tidak bertemu secara langsung. Kita pun bisa bertukar pendapat, memberikan masukan, komentar yang bermanfaat juga bagi orang lain. Facebook menjadikan dunia terasa semakin sempit, dengan mengakses facebook maka ilmu kita pun bertambah luas.

Facebook For Ukhuwah

Ukhuwah adalah ikatan jiwa yang melahirkan perasaan kasih sayang, cinta, dan penghormatan yang mendalam terhadap setiap orang, di mana keterpautan jiwa itu ditautkan oleh ikatan akidah Islam, iman dan takwa.

Melalui facebook, kita bisa menebarkan salam silaturahim, bisa menghubungi kawan lama yang sudah lama sekali tidak bertemu lagi. Terbukti bahwa melalui facebook kita bisa mengetahui keadaan teman-teman kita. Jika ada teman yang sedang sakit, kita saling mendoakan untuk kesembuhannya. Jika ada teman kita yang sedang berbagahagia, kita saling mengucapkan selamat. Melalui facebook juga kita bisa saling mengingatkan dalam kebaikan dan takwa.

Perumpamaan kaum mukmin dalam kasih sayang dan belas kasih serta cinta adalah seperti satu tubuh. Jika satu bagian anggota tubuh sakit maka akan merasa sakit seluruh tubuh dengan tidak bisa tidur dan merasa demam.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Facebook For Dakwah

Dakwah berasal dari bahasa Arab: da’a, yad’u, da’wah. Artinya mengajak, menyeru, memanggil, menganjurkan. Dakwah yang kita maksudkan di sini adalah mengajak, menyeru, memanggil atau menganjurkan manusia untuk tetap berada di jalan yang diridhlai Allah SWT. Bukan jalan yang dimurkai dan disesatkan-Nya.

Betapa banyak status yang berisi konten nasihat, betapa banyak group-group yang mengusung dakwah, betapa banyak notes yang berisi nasihat dan pencerahan. Sudah terbukti bahwa facebook bisa digunakan sebagai media dakwah yang efektif. Daripada kita menuliskan status yang berupa curhatan pribadi, lebih baik kita tuliskan status yang berisi nasihat. Siapa tahu status atau notes yang kita tuliskan bisa menginspirasi orang lain dan Insyaallah menjadi amal sholeh kita. Ilmu yang bermanfaat akan menjadi pahala yang terus mengalir hingga hari kiamat.

wallahu’alam bisshowab

2 thoughts on “Facebook for Tarbiyah, Ukhuwah, and Dakwah

  1. atiyu

    assalamu’alaikum wr wb,
    bisa tau dari mana sumber data pengguna facebook berdasarkan usia pada table di atas.
    trims ilmu & bantuannya
    wassalamu’alaikum wr wb

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s