Menulis Untuk Menginspirasi

Dunia tulis-menulis sebenarnya sudah kita kenal semenjak kita masih balita, hanya saja tulisan waktu itu belum terstruktur dengan baik. Sewaktu balita, kita menuliskan apa yang kita bayangkan di berbagai tempat, seperti mencoret-coret di tembok, menuliskan pengalaman-pengalaman kita di buku harian. Tanpa disadari, ternyata bekal-bekal ilmu jurnalistik praktis sudah kita miliki sejak dulu.

Namun, yang menjadi kendala berikutnya adalah komitmen kita untuk terus menghasilkan karya. Kegiatan tulis-menulis akan berhenti jika tidak ada ide yang bisa dituangkan kedalam bentuk tulisan. Sebenarnya, untuk penulis pemula bisa dimulai dari menuliskan berbagai pengalaman kita, cerita-cerita dalam hidup kita yang berkesan. Biarlah untuk awal-awal, tuangkan dulu apa adanya hingga nantinya kita akan terbiasa menulis secera lepas.

Menulis bisa dikatakan mudah dan bisa dikatakan sulit, menulis akan menjadi sulit jika kita tidak memiliki ide yang matang untuk dituangkan. Kemandegan ini bisa disebabkan oleh kurangnya kita mencari informasi, baik informasi yang ada di sekitar kita maupun informasi yang didapat dari artikel, buku, atau jurnal-jurnal ilmiah. Sebaliknya, menulis akan menjadi mudah jika kita memiliki informasi yang cukup terhadap apa yang ingin kita tulis. Kita akan mudah untuk menuliskan artikel tentang kemahasiswaan jika kita memang memiliki pengalaman lebih di dunia kemahasiswaan. Akan berbeda jika artikel kemahasiswaan dituliskan oleh orang yang tidak pernah aktif di dunia kemahasiswaan.

Mengapa perlu menulis?

Ali bin Abi Thalib pernah berkata, “Ikatlah ilmu dengan menuliskannya”. Hal ini menunjukkan bahwa ilmu yang kita dapatkan akan cepat hilang jika tidak dituliskan. Ilmu akan abadi jika sudah dituliskan dan tentu perlu dikaji kembali. Verba volant, scripta manent (Yang terucap akan hilang, yang tertulis akan abadi)

Dalam tafsir surat Al-Alaq ayat 3-4 : Bacaan tidak akan melekat tanpa di baca berulang -ulang dan membiasakannya. Seseorang yang membaca karena Allah akan mendapat ilmu pengetahuan, pemahaman, dan wawasan baru. Dengan karunia dan kalam Allah, terjadilah proses belajar mengajar antar manusia. Komunikasi antar manusia dapat terjalin dengan pena ilmu (tulisan).

Menulis sudah merupakan rangkaian dari proses belajar. Menulis juga bisa menjadi media informasi bagi orang lain dan sumber inspirasi. Coba bayangkan, ketika teman kita sedang futur (gejala penurunan iman) dan membaca tulisan kita yang berisi motivasi maka siapa tahu dia akan mendapat pencerahan. Secara tidak langsung, tulisan kita akan menjadi sumber motivasi dan inspirasi bagi teman-teman kita.

Bagi saya, menulis merupakan suatu hobi. Ada “kenikmatan” tersendiri yang saya rasakan. Ketika tulisan saya dibaca banyak orang dan bisa bermanfaat bagi mereka tentu menjadi suatu nilai tambah bagi saya. Dengan tulisan pun kita bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk orang lain dan itu yang akan membuat kita bahagia.

Khairunnas anfa’uhum linnas“, “Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak mamfaatnya bagi orang lain.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Mari menulis untuk menginspirasi!

3 thoughts on “Menulis Untuk Menginspirasi

  1. jalandakwahbersama

    Assalamu’alaikum, berbagi pengetahuan yang dikaruniakan Allah Swt pada kita melalui tulisan sangat baik. Semoga AllahSwt menjadikan setiap huruf yang ditulis dan dibaca, serta disyiarkan, menjadi saksi di yaumil hisaab, bahwa kita semua pernah berada di jalan kebaikan dan mengajak pada kebaikan, amin

    Reply
    1. jalandakwahbersama

      Ohya, tentang pertanyan untuk blog agar banyak diakses orang, mungkin dengan update secara rutin, jawab komentar yg masuk dan blogwalking. kalau untuk jadi penulis buku, coba baca jawaban saya atas pertanyaan yg hampir sama, di halaman buku saya, terima kasih (Dewi Yana)

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s