Saya Tidak Perlu Mengeluh

Saat kita sudah mempersiapkan diri untuk kuliah hari ini, ternyata dosen yang bersangkutan tidak mengajar dan saya hanya datang untuk mata kuliah itu saja (tidak ada mata kuliah yang lain)
Alhamdulillah, saya masih bisa bersilaturahim dengan teman-teman yang lain
Alhamdulillah, saya sudah belajar tentang kesabaran

Saat saya sudah membuat janji dengan teman-teman untuk bertemu jam 4 tepat sore ini, ternyata semua teman-teman saya datang terlambat
Alhamdulillah, saya masih bisa berusaha menepati janji saya sendiri
Alhamdulillah, saya diberi ilmu untuk bisa memahami teman-teman saya

Saat saya merencanakan untuk tidak jadi membawa payung karena menurut ramalan cuaca tidak hujan hari ini dan ternyata hujan turun lebat
Alhamdulillah, saya bisa menyapa orang lain untuk bisa meminjam payungnya dan mengobrol sepanjang perjalanan

Saat saya merencanakan untuk bersepeda ke kampus karena saya tahu langit hari ini akan cerah tapi ternyata hujan turun secara mendadak dan disertai angin
Alhamdulillah, ternyata Allah tidak ingin saya basah kuyup saat menghadiri kuliah
Alhamdulillah, ternyata Allah tidak ingin membuat saya kecapean

Saat saya merencanakan untuk berolahraga pada besok pagi bersama teman-teman, ternyata kondisi kesehatan saya tidak mendukung
Alhamdulillah, Allah ingin saya untuk tetap beristirahat di rumah dan menemani keluarga
Alhamdulillah, ini bisa menjadi penggugur dosa-dosa saya

Saat saya kuliah di ruangan yang tidak ber-AC dan tidak memiliki ventilasi yang baik sehingga terasa begitu panas dan tidak nyaman saat kuliah
Alhamdulillah, setidaknya saya tidak kedinginan seperti tadi pagi

Saat saya merencanakan pulang ke rumah lebih awal sebelum waktu maghrib, ternyata hujan turun deras dan saya lupa membawa jas hujan
Alhamdulillah, saya bisa i’tikaf di masjid sambil menunggu waktu sholat maghrib

Saat saya berada dalam antrean yang panjang dan membuat saya harus menunggu lebih dari setengah jam
Alhamdulillah, sambil menunggu saya bisa membaca buku favorit saya
Alhamdulillah, saya bisa mengetahui berita terkini dari koran yang baru saja saya beli

Sebenarnya, saya tidak perlu mengeluh kalau begitu..

6 thoughts on “Saya Tidak Perlu Mengeluh

  1. blogdehian

    Ass Salut kepada mas Rizal yang telah memahami hakekat hidup karena tidak banyak yg dapat berbuat demikian… syukurilah pemberian Nya yang sangat besar itu

    Reply
  2. bocahbancar

    Subhanallah… LUar Biasa, Allahu AKbar…
    Tidak ada keluhan atas ketetapan ALlah SWT, adanya adalah bersyukur dan selalu mempersiapkan untuk yang lebih baik😉

    Reply
  3. jalandakwahbersama

    Assalamu’alaikum, sungguh, amat mengagumkan keadaan orang mukmin itu, karena semua urusannya itu baik baginya. Bila ia mendapat nikmat (kebahagiaan), dia bersyukur, maka itu menjadi kebaikan baginya. Dan bila ditimpah musibah, dia bersabar, maka itu menjadi kebaikan baginya.” (HR. Muslim). (Dewi Yana)

    Reply
  4. kaeluchu

    hebat zal….aq salut….🙂
    sebenernya yang membuat qt gelisah, sedih, kesal adalah qt sendiri tp mengapa kebanyakan orang slalu menyalahkan orang lain..??
    seandainya semua orang seperti di atas maka senyum selalu menghiasi wajah setiap orang ….
    (^_^)

    Reply

Leave a Reply

