Entrepreneurship Ala Aa Gym

“Kalau kita mau sukses, kunci pertama adalah jujur, dengan bermodalkan kejujuran, orang akan percaya kepada kita. Kedua, professional. Kita harus cakap sehingga siapapun yang memerlukan kita merasa puas dengan yang kita kerjakan. Ketika, inovatif, artinya kita harus mampu menciptakan sesuatu yang baru, jangan hanya menjiplak atau meniru yang sudah ada.”  K.H. Abdullah Gymnastiar.

Menurut Aa Gym, ada 5 hal yang harus dimiliki oleh entrepreneur :

  1. Motivasi bisnis
  2. Setiap orang pasti memiliki hasrat untuk menjadi manusia yang sukses. Banyak jalan yang bisa ditempuh untuk mencapai kesuksesan. Salahsatu jalan tersebut adalah dengan menjadi entrepreneur atau mencoba untuk berbisnis. Motivasi orang untuk terjun ke dunia bisnis pun bermacam-macam, ada yang karena himpitan ekonomi sehingga menuntut dia untuk bisa bertahan hidup dan membuka usaha sendirilah yang dianggap bisa memberikan solusi. Ada lagi orang yang ingin cepat kaya dan tidak ingin menjadi beban orang lain lantas ia mencoba untuk berbisnis untuk membangun kemandirian ekonominya sendiri. Ada lagi yang melakukan bisnis sebagai pelampiasan hobinya, misal saja ada orang yang memiliki hobi membaca dan menulis lantas ia mencoba untuk menekuni bisnis di bidang perbukuan dan tulis-menulis. Mungkin masih ada lagi motif-motif yang lain. Satu hal yang pasti, motivasi bisnis yang dimiliki harus berorientasi pada tujuan akhir yang jelas dan memiliki kemaslahatan bagi sesama manusia.

  3. Modal dasar entrepreneur
  4. Sebagian orang mungkin masih berpikir bahwa untuk membangun bisnis yang besar harus diawali dengan modal yang besar pula. Tidak jarang juga orang yang kini telah mencapai taraf kemapanan dalam berbisnis tanpa diawali dengan modal yang besar, bahkan hanya berbekal kartu nama dan katalog yang ia tawarkan kepada konsumen-konsumennya.

    Memulai berbisnis tidak identik dengan seberapa besar modal yang dimiliki, tapi sangat erat kaitannya dengan modal yang berupa kegigihan dan mental keberanian untuk mencoba. Sebenarnya dalam setiap diri manusia itu ada jiwa entrepreneur, Allah telah menganugerahi akal dan hati kepada manusia untuk dipergunakan sebaik mungkin. Oleh karena itu, manusia dipilih untuk menjadi khalifah di muka bumi.

  5. Miliki Idola entrepreneur
  6. Jika kita tanyakan pada orang-orang yang telah sukses, sebenarnya kesuksesan yang mereka raih pun merupakan buah dari inspirasi orang-orang yang mereka idolakan. Aa Gym misalnya, idola (panutan) beliau bukanlah orang yang jauh keberadaannya, bukan juga orang di luaran sana. Idola beliau tidak lain adalah adik beliau sendiri. Melihat kondisi sang adik yang diberi keterbatasan oleh Allah, tidak menyurutkan semangatnya untuk tetap istiqomah dalam beribadah. Ketika panggilan adzan pun, tidak menyurutkan langkahnya untuk tetap mendatangi masjid untuk sholat berjamaah.

    Pernah pada suatu ketika, adik Aa Gym menangis sewaktu melihat ikan-ikan di kolam rumahnya. Hal yang membuat ia menangis adalah betapa besarnya kuasa Allah terhadap makhluk-makhluk ciptaanNya. Ikan-ikan itu diciptakan dengan berbagai warna dan bentuk dan selalu berdzikir kepada Allah. Walaupun diberi keterbatasan secara fisik, tetapi hati beliau tetap peka terhadap hal-hal yang kecil, hati beliau hidup dan selalu diisi dengan dzikrullah. Itulah yang membuat Aa Gym sampai berguru kepada adiknya sendiri.

  7. Miliki sikap profesional
  8. Sikap yang ditanamkan Aa Gym adalah jujur, kreatif, dan inovatif. Berkaca pada kehidupan Rasulullah saw, ketika beliau masih berusia 25 tahun, beliau sudah mendapat gelar al-amin dari masyarakatnya. Sifat jujurnya telah mengantarkan beliau pada tumbuhnya kepercayaan masyarakat. Bahkan Siti Khadijah r.a pun sampai menitipkan barang dagangannya pada beliau saw.

    Dalam berbisnis, permintaan pasar akan dipengaruhi juga oleh packaging dari produk kita. Jika tidak kreatif dalam menghadapi persaingan ini, bisa-bisa usaha kita tidak akan dilirik orang lagi. Masyarakat akan cenderung bosan jika tidak ada sesuatu hal yang baru dan akan beralih kepada sesuatu yang dianggapnya memiliki nilai jual lebih. Sikap kreatif selalu dituntu dalam era globalisasi ini.

    Dalam dunia bisnis, kita pun dituntut untuk bisa menghasilkan ide yang baru dan masih fresh. Peniruan terhadap suatu produk dan pelayanan sudah makin marak hanya saja ditempeli dengan label yang berbeda. Masyarakat pun sudah bisa menilai mana produk yang orisinil dan mana yang merupakan jiplakan dari produk yang lain. Pada akhirnya, pebisnis yang selalu memiliki ide segar lah yang akan terus mengembangkan produknya dan mendapat tempat di hati masyarakat.

  9. Kembangkan sikap kepemimpinan
  10. Pemimpin berarti bisa menjadi pengaruh bagi orang lain, setiap kita adalah pemimpin berarti kita pun bisa menjadi pengaruh bagi orang lain. Rasulullah saw telah belajar kepemimpinan ketika beliau masih sangat muda, beliau mendapat tugas untuk menggembala kambing. menggembalakan kambing lebih sulit ketimbang berinteraksi dengan manusia, dari situ bisa didapat filosofi bahwa untuk menjadi pemimpin yang tangguh harus diawali dari hal-hal yang kecil. Bahkan menurut Michael H. Hart yang merupakan orang non-muslim, Rasulullah saw merupakan orang yang menjadi nomor satu dalam daftar orang yang paling berpengaruh di dunia.

    Sebagai mahasiswa tentu kita pun bisa berlatih kepemimpinan dalam berorganisasi. Berlatih tentang manajemen waktu sehingga kita bisa mengatur prioritas dalam hidup. Berlatih tentang manajemen orang sehingga kita bisa memahami karakter dari teman-teman kita. Mengasah empati kita terhadap sesama, ketika teman kita sedang membutuhkan bantuan maka kita pun tergerakkan untuk bisa membantu.

Keuntungan bisnis menurut Aa Gym adalah ketika bisnis yang dilakukan ada di jalan Allah, bisnis kita jadi amal shaleh yang disukai Allah, dan menjadi jalan mendekat kepada-Nya. Nama baik kita terjaga, bahkan menjadi personal guarantie. Dengan berbisnis ilmu kita semakin bertambah, pengalaman dan wawasan semakin luas, bertambahnya saudara dan tersambungnya silaturahim, dan dengan bisnis kita bisa saling memberdayakan potensi sesama sehingga semakin banyak orang yang merasa beruntung.


3 thoughts on “Entrepreneurship Ala Aa Gym

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s