Begitu Pentingnya Arti Sebuah Tujuan

Mari kita membayangkan sejenak sekarang kita sedang berada di tengah-tengah samudra dan kita sedang berada di atas perahu sederhana. perahu sederhana ini akan membawa kita menuju sebuah pulau terpencil dan di pulau itu terdapat semua hal yang menjadi impian kita. Lalu cara yang paling tepat meraih semua yang kita impikan di pulau itu adalah dengan mendatangi pulau tersebut. Dimanakah pulau impian tersebut?

Hal yang menjadi kendala adalah kita tidak memiliki alat penunjuk arah, radio, atau alat telekomunikasi yang lain. Tentu hal ini menyulitkan kita untuk bisa mendatangi pulau tersebut apalagi untuk mengambil semua yang menjadi impian kita di pulau itu. Tanpa penunjuk arah yang akurat, bisa saja kita jauh melenceng dari pulau tujuan kita, sementara di sekeliling kita tak ada orang yang bisa membantu. Bahkan hanya ada langit dan laut saja yang menjadi saksi bisu kebingungan kita.

Hidup tanpa tujuan yang jelas dan tidak memiliki hakikat hidup sebenarnya sama saja dengan analogi menuju pulau tadi. Semua impian kita insya Allah bisa saja tercapai, tetapi untuk mencapainya kita memerlukan syariat yang harus dijalani. Untuk menuju tujuan kita, diperlukan strategi yang matang, penunjuk arah yang jelas, dan faktor yang mendukungnya.

Jika kita bertanya tentang tujuan dan impian dalam hidup, sering kita dengar kalimat pernyataan berupa, “Biarlah hidup ini mengikuti air yang mengalir. Kalimat yang sederhana tetapi menyiratkan bahwa orang itu tidak memiliki tujuan yang mantap. Bagaimana jika air yang mengalir itu menuju ke selokan atau ke muara yang penuh buaya?Apa masih mau bilang mengikuti air yang mengalir?Yang perlu kita lakukan adalah mengambil dayung dan mengubah arah gerak kita. Seberapa pun derasnya air, jika kita berusaha mendayung untuk menghindari aliran yang membahayakan maka kita bisa mengantisipasi segala kemungkinan terburuk.

Bayangkan pula di pulau tadi terdapat impian kita, tetapi karena kita mengikuti air yang mengalir tadi, bisa saja perahu yang membawa kita tidak menuju ke pulau impian tadi. Kita mutlak untuk memiliki tujuan dan target pencapaian dalam hidup. Untuk menuju target, kita memerlukan peta. Lalu apa peta kita?Allah telah menurunkan Al-Quran kepada kita untuk menjadi rahmat bagi semesta alam. Lalu bagaimana caranya kita memilih dayung penggerak?masing-masing dari kita lebih mengetahui kebutuhan dan karakter diri sendiri, maka yang paling tahu memilih dayungnya adalah kita sendiri. Mari memilih dayungnya dan arahkan ke pulau impian kita masing-masing.

One thought on “Begitu Pentingnya Arti Sebuah Tujuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s