Cobalah Sesuatu yang Berbeda

Kalau kita terbiasa mengendarai sepeda motor, maka cobalah sesekali untuk mengendarai mobil. Kadang kita merasa tidak nyaman ketika ada sepeda motor yang menghalangi mobil kita. Itulah refleksi bagi kita, apakah ketika kita mengendarai sepeda motor sering menghalangi mobil yang ada di belakang kita?Apakah ketika kita sedang mengendarai sepeda motor sering membuat tidak nyaman para pengendara mobil?

Kalau kita terbiasa mengendarai sepeda motor, maka cobalah sesekali untuk bersepeda. Kadang kita merasa risih dengan mobil dan sepeda motor yang terus membunyikan klakson, seolah pengendara sepeda adalah penghalang jalan. Itulah refleksi bagi kita, apakah ketika kita mengendarai sepeda motor sering berlaku seperti itu kepada pengendara sepeda?

Kalau kita terbiasa mengendarai sepeda motor, maka cobalah sesekali untuk berjalan kaki. Kadang kita merasa sebal dengan pengendara sepeda motor yang selalu melewati trotoar dan tidak mau mendahulukan orang yang mau menyebrang jalan. Itulah refleksi bagi kita, apakah ketika kita mengendarai sepeda motor sering melanggar hak-hak pejalan kaki?

Kalau kita selalu menggunakan kendaraan pribadi kemanapun kita mau, maka cobalah sesekali untuk naik angkot. Kita akan merasakan betapa uniknya setiap orang dalam menyikapi kemacetan, kita akan menemukan cara-cara setiap orang untuk memanfaatkan waktu luangnya.

Kalau kita terbiasa melewati jalan-jalan protokol atau jalan-jalan yang dihiasi dengan gedung-gedung perkantoran yang mewah, maka cobalah sesekali untuk melewati gang-gang kecil di antara pemukiman warga. Kita akan merasakan betapa kentalnya persaudaraan diantara mereka karena jarak antar rumahnya berdekatan. Kita akan merasakan kehidupan yang bersahaja tetapi menentramkan dibandingkan dengan hingar-bingar kota yang penuh keramaian.

Ketika kita melakukan sesuatu yang berbeda dari biasanya, kita akan mendapat inspirasi-inspirasi baru. Kita bisa melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda sehingga kita akan lebih bijak dalam menilai sesuatu. Jadi, cobalah sesuatu yang berbeda dari biasanya untuk menyegarkan jiwa dan pemikiran sehingga kita bisa ikut merasakan apa yang belum terjamah oleh kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s