Menikmati Sajian Sore di Kampus

Sore ini tidak biasanya langit yang begitu cerah oleh sang mentari. Setelah beberapa hari, sang mentari harus mengalah pada gerombolan awan gelap yang membawa titah dari Tuhannya untuk menurunkan hujan. Sejenak saya melihat ke sekeliling, betapa inspiratifnya sore ini. Sayang jika momen ini dilewatkan tanpa memberiku inspirasi apa-apa.

Kugagalkan rencanaku sendiri untuk pulang lebih cepat dari biasanya, kuputuskan untuk menikmati sore ini di selasar CC barat. Memang akhir-akhir ini inspirasiku sedang mandeg, saya butuh refreshing untuk kembali menemukan passion yang sempat terkubur oleh rutinitas. Oh, alangkah inspiratifnya sore ini.

Kuhadapkan badanku ke arah timur dengan bersender pada pilar-pilar. Banyak sekali aktivitas disini, mahasiswi sedang bermain basket yang disusul oleh suara teriakan penyemangat, para aktivis sedang duduk melingkar mungkin sedang berdiskusi tentang masa depan bangsa, para akhwat sedang duduk melingkar sambil mengkaji Al-Quran, sedang liqo rupanya. Orang-orang berlalu-lalang entah apa yang ada di benaknya. Seorang mahasiswa begitu khusyuknya membolak-balikkan halaman buku. Sedangkan saya, masih duduk berkutat dengan tuts-tuts keyboard untuk merangkum itu semua.

Alangkah inspiratifnya sore ini, begitu banyak perilaku orang-orang yang bisa kuamati dan kupelajari. Begitu uniknya setiap orang dengan gaya dan logatnya masing-masing. Sungguh indah cahaya mentari yang menyelusup diantara celah-celah awan memberikan panorama yang begitu mengesankan dan hanya mata ini yang mampu menangkap keindahan itu. Kamera pun tak sanggup mengabadikan keindahan sore ini, sekali lagi hanya mata ini.

Refreshing dan mencari inspirasi tidak perlu jauh-jauh pergi ke gunung, tidak perlu merencanakan liburan ke luar negeri, tidak perlu mengeluarkan uang banyak-banyak untuk menyewa travel. Saya menemukan salahsatu cara refreshing yang praktis, bahkan tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Temukanlah inspirasi itu di lingkungan sekitar kita.

Tak terasa waktu memang cepat berlalu, hingga keindahan langit sore pun harus mematuhi titah Tuhannya untuk memberi giliran kepada malam sebagai tanda-tanda kebesaranNya bagi orang-orang yang berpikir, saya harus bersiap-siap untuk sholat maghrib, tinggal menunggu adzan dari masjid Salman. Sore ini mengingatkanku akan ayat-ayatNya surat Al-Imran ayat 190-191 :

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.”

*ditulis saat berada di CC barat pukul 17.00-17.5o

2 thoughts on “Menikmati Sajian Sore di Kampus

  1. machmoedsantoso

    hohohoho…
    i miss those moment..

    kadang-kadang suka iri sama orang-orang yang masih berstatus mahasiswa teh,
    masih bisa menikmati suasana tanpa rutinitas.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s