Ada Aksi, Ada Reaksi

Saya tidak akan membahas lebih lanjut tentang hukum 2 Newton tersebut karena saya bukanlah orang yang berkompeten untuk membahasnya. Akan tetapi, bolehlah jika saya memanfaatkan hukum 2 Newton tersebut ke dalam kehidupan sehari-hari. Ada hal yang menarik dari hukum 2 Newton tersebut, yaitu ketika kita melakukan aksi, tentu akan menghasilkan reaksi dari aksi yang kita lakukan, entah itu reaksi yang baik atau reaksi yang buruk. Akan tetapi, ada satu hal yang pasti, reaksi yang kita terima tidak jauh dari aksi yang kita lakukan.

Sahabat, pernahkah kita merenungkan bahwa setiap perlakuan buruk orang lain kepada kita, mungkin saja karena didahului perlakuan buruk kita kepada orang lain?Kita mengharapkan orang lain untuk berperilaku baik kepada kita, tetapi kita tidak pernah berlaku baik kepada orang lain?Itu merupakan suatu hal yang mustahil kita dapat. Bagaimana hukum aksi-reaksi bisa berlaku disini?

Suatu ketika, saya sedang berjalan-jalan dengan keluarga saya dengan menggunakan mobil dan saya yang menjadi sopirnya. Di tengah perjalanan, ada seorang pedagang yang sedang menyebrang sambil mendorong gerobaknya. Ketika itu, pandangan saya tertutup oleh angkot yang berhenti tepat di depan gerobak pedagang tadi. Tiba-tiba, pedagang dan gerobaknya hampir saja saya tabrak, dengan perasaan kesal, saya hampir menggerutu. Tahukah sahabat?Apa yang membuat saya berubah pikiran dan wajah saya menjadi tersenyum?Pedagang tadi memancarkan senyumnya kepada saya dan anggukan kepalanya mengisyaratkan permohonan maaf. Seketika itu juga, saya menyadari bahwa apapun reaksi yang kita terima adalah buah dari aksi kita.

Pernah mendengar sebuah ungkapan yang inspiratif?Apa yang kita tanam, itulah yang kita tuai atau What you get is what you give atau ungkapan sejenis yang mengisyaratkan  hukum aksi-reaksi? Ungkapan itu memang benar adanya. Kita tidak bisa mengharapkan sesuatu yang luar biasa jika kita tidak pernah melakukan hal yang luar biasa. Sesuatu yang kita lakukan masih dalam tahap yang biasa-biasa saja, akan mendapatkan hasil yang biasa-biasa juga, kecuali ada faktor lain didalamnya.

Saya percaya hukum 2 Newton ini juga berlaku ketika kita ingin mengejar cita-cita dan kesuksesan. Apabila kita memasang cita-cita setinggi langit, tentu dibutuhkan aksi yang setinggi langit pula. Reaksi yang kita dapat berupa keberhasilan, cita-cita merupakan buah dari aksi yang luar biasa. Sahabat, ternyata begitu banyak fenomena alam di dunia ini yang bisa kita analogikan dengan kehidupan kita sehari-hari. Allah menciptakan alam ini dengan sempurna, begitu banyak hikmah dan pelajaran yang dapat kita ambil, tinggal bagaimana kita memaknainya. Mari kita lakukan aksi terbaik kita hingga nantinya reaksi yang kita dapat merupakan buah dari aksi yang luar biasa.

One thought on “Ada Aksi, Ada Reaksi

  1. Alistya Setyani

    Salam…
    Saya sangat percaya dg adanya hukum newton 2 itu,ada aksi ada reaksi..kalau org jawa bilang “ngunduh pakartine dhewe” sama saja dengan menuai apa yg ditanam,menuai apa yg dilakukan dg akhlaknya,baik maupun buruk semua ada reaksinya…
    Saya mau share sedikit,pd bln puasa th lalu menjelang lebran sy dan suami jln2 ke mall dg mksd utk keperluan belanja lebaran,setelah belanja menuju lahan parkir bertemu anak usia sekitar 9-10 tahunan yg menwarkan ojek belanja(mmbwkan tas belanja),wlpn sbnrnya hati tdk ada niat utk ngojek krn belanjaan hanya berupa baju2 yg relatif ringan dan jarak ke mobil hanya sekitar 20 meter,tapi hati sy saat ini ingin memberi kesempatan rejeki bagi anak itu krn menghargai usahanya utk mndptkn rejeki tdk perlu hrrs meminta2 sperti yg banyak terlihat di lampu merah yg rata2 anak…
    Saat itu hati tergerak utk memberi bonus upah yg sbnarnya cukup 2-5 ribuan,saat itu gerakan hati memberi upah 20 ribu…masih tergambar ucapan trima ksh dg senyum berbinar anak itu ketika menerima lembaran rupiah berwarna hijau itu…hati sy jg serasa senang dan lapang seperti yg dirasakan anak itu…tapi ternyata efeknya tdk berhenti sampai di hati sy yg lapang tadi..begitu sampai di hotel tmpat kami menginap…beberapa detik setelah menurunkan belanjaan tiba2…kriiing…ada telepon dari seseorang yg ingin berbagi rejeki dg kami krn tlah sukses urusan kerjasamanya dg kami…trnyata dia menelpon di lobby,dengan senyum berbinar dia menyerahkan amplop berisi uang 2 juta yg katanya utk tambahan belanja hari raya…subhanallah…benar2 hidup itu pilihan..mau yg berefek baik atau buruk…

    Salam
    Alistya

    Reply

Leave a Reply

