Bergerak atau Tergantikan

Sebagian orang yang melihat belum tentu bergerak dan yang bergerak belum tentu menyelesaikan (perubahan).” Rhenald Kasali

Saya terinspirasi dari cerita Rhenald Kasali sewaktu beliau mengadakan seminar di Indosat. Sewaktu audiens sedang asyiknya menyimak isi buku Change, beliau menawarkan kepada audiens nya selembar uang Rp. 100.000. Tanpa ada maksud apa-apa, selain ingin melakukan penawaran yang bisa dibilang unik itu. Dan coba tebak apa reaksi dari para audiens?Sebagian besar berekspresi heran, ada yang hanya tersenyum-senyum, ada yang mengambil ancang-ancang sambil menunjukkan keragu-raguan, malah ada yang langsung berdiri dan tanpa basa-basi langsung menyambut uang itu.

Sesampainya salah satu audiens tadi di hadapan Rhenald Kasali, tanpa basa-basi audiens tadi langsung mengambil uang yang ditawarkan. Setelah itu, Rhenald Kasali pun memberitahukan bahwa uang itu telah menjadi milik audiens tadi. Lalu beliau bertanya kepada seluruh audiens, mengapa Anda semua begitu ragu-ragu untuk mengambil uang ini?Padahal saya benar-benar ingin menawarkannya. Mereka pun menjawab dengan berbagai alasan :

“Saya pikir Bapak hanya bercanda…”

“Nanti uangnya akan diminta lagi..”

“Malu-maluin aja, kayak belum pernah lihat uang seratus ribu..”

“Pasti ada orang lain yang lebih membutuhkannya..”

“Saya kan jauh duduk di belakang, jadi kalah cepat oleh yang duduk di depan..”

Jika kita analogikan cerita ini ke dalam hidup kita sehari-hari, hampir setiap saat kita dilewati oleh rangkaian kesempatan, tetapi kesempatan itu dibiarkan pergi begitu saja. Kita tidak segera memanfaatkannya, padahal kita ingin agar hidup kita berubah. Seperti kata pepatah, kesempatan tidak akan datang dua kali.

Sahabat, saya yakin kita semua mengharapkan perubahan ke arah yang lebih baik, hanya saja kita kadang tidak tahu harus memulai dari mana. Akibatnya, kita melakukan hal yang sama dari hari ke hari, padahal jika kita menginginkan perubahan, kita harus bergerak atau akan tergantikan oleh generasi penerus kita.

Manajerial tentu memiliki peran yang besar ketika kita ingin menggerakkan orang-orang yang tidak sekedar berpikir, tetapi bisa berinisiatif, memulai, kemudian bergerak bersama-sama. Get Started, get into the game, get into the playing field, now!Just do it! Orang yang memiliki jiwa pembaharu akan terus melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, itulah yang membedakanny dengan seseorang yang memiliki mental pecundang. Seperti kata Jack Canfield dalam bukunya Chicken Soup for The Soul, pembeda antara winners dan losers adalah “Winners take action, they simply get up and do what has to be done..” Jadi, bergerak atau tergantikan?Hanya diri kita sendiri lah yang bisa menjawabnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s