Kontemplasi

Mengapa aku diuji?

Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami Telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?Dan Sesungguhnya kami Telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan Sesungguhnya dia mengetahui orang-orang yang dusta.” (QS/ Al-Ankabut : 2-3)

Mengapa aku tidak mendapatkan apa yang aku idam-idamkan?

“… Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak Mengetahui.” (QS. Al-Baqoroh : 216)

Mengapa ujian seberat ini?

“Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya …” (QS. Al-Baqoroh : 286)

Mengapa frustasi?

“Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling Tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.” (QS. Al-Imran : 139)

Bagaimana aku harus menghadapinya?

“Hai orang-orang yang beriman, Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.” (QS. AL-Imran : 200)

“Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. dan Sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu.” (QS. Al-Baqoroh : 45)

Apa yang aku dapat dari semua ini?

“Sesungguhnya Allah Telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu Telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al Quran. dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang Telah kamu lakukan itu, dan Itulah kemenangan yang besar.” (QS. At-Taubah : 111)

Kepada siapa aku berharap?

“Cukuplah Allah bagiku, tidak ada tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal.” (QS. At-Taubah : 129)

Aku tak dapat bertahan lagi, apa yang harus aku lakukan?

… dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir“.

Ternyata, Allah selalu menjawab setiap keluhan-keluhan kita melalui Al-Quran yang mulia. Kedekatan kita dengan Al-Quran membuat hidup kita lebih tenang karena kita yakin akan janji dan pertolongan Allah. Kebahagiaan yang hakiki bukan ditentukan oleh harta, pangkat, ataupun jabatan yang didapat. Akan tetapi, kebahagiaan yang hakiki adalah ketika kita merasakan begitu dekatnya kita kepada Allah dan kita merasakan kenikmatan dari setiap ibadah-ibadah kita.

One thought on “Kontemplasi

  1. pipinpramudia

    ada juga yang gini jal :

    Mengapa aku tidak mendapatkan apa yang aku idam-idamkan?

    kita tidak bisa mendapatkan semua yang kita inginkan agar kita mensyukuri apa apa yang telah kita punya ^^

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s