Pedangang Asongan Berpotensi Jadi Entrepreneur

Ada satu pertanyaan besar yang menggelayut di benak saya. Pertanyaan besar itu muncul ketika saya bertemu dengan pedagang bakso di komplek rumah saya. Mengapa kondisi pedagang bakso tersebut TIDAK BEDA JAUH dengan kondisi sewaktu saya masih SD dulu atau kurang lebih 8 tahun yang lalu?Beliau masih saja berdagang bakso tanpa terlihat telah membuka cabang.

Kondisi di atas beda sekali dengan pedagang lain yang kini usahanya telah maju pesat, ambil contoh brownies kukus Amanda. Lalu apa yang membedakan antara pedagang bakso di atas dengan Amanda ini?padahal bisa dibilang mungkin start bisnisnya lebih dulu pedagang bakso tadi.

Ternyata ada faktor yang sangat signifikan, yaitu pendidikan. Pendidikan berpengaruh besar terhadap perkembangan diri seseorang. Dengan pendidikan, bisa membentuk karakter hingga nantinya akan tumbuh motivasi untuk berprestasi. Disebabkan kurang mengenyam pendidikan, pedagang kecil hanya berorientasi pada pemenuhan kebutuhan sehari-hari saja, tanpa pernah terpikir oleh mereka untuk menjadi entrepreneur kelas kakap, yah sudah bisa makan sehari saja sudah cukup. Begitulah pemikirannya, sangat minimalis.

Jika kita melihat pebisnis lain yang memiliki kapasitas ilmu yang memadai dan motivasi yang kuat. Mereka bisa dengan cepat melambungkan bisnisnya, bahkan kini telah menjadi kelas kakap. Semangat dan kegigihan juga menjadi faktor pendukung keberhasilan bisnis, tentu juga harus didukung dengan softskill yang baik. Dengan begitu, kombinasi antara kegigihan, ilmu (pendidikan), dan softskill akan membantu seseorang untuk bisa menjadi seorang entrepreneur handal, dan bukan hal yang mustahil bahwa pedagang asongan pun akan menjadi seorang entrepreneur yang handal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s