Makna Membaca Bagi Saya

Membacalah agar dirimu mulia, begitulah kata Bapak Hernowo dalam judul bukunya yang ke-33. Membaca memang dapat meningkatkan kapasitas ilmu pengetahuan kita, sehingga Allah menjanjikan untuk menaikkan beberapa derajat bagi orang yang berilmu. Itulah yang menginspirasi saya untuk terus menggemari kegiatan membaca.

Dalam era yang canggih ini, buku-buku sudah dapat dicetak menjadi e-book yang mudah untuk kita simpan dalam jumlah yang banyak dan tidak perlu merepotkan kita. Cukup disimpan dalam harddisk laptop atau komputer, dan kapanpun bisa kita baca. Namun, yang menjadi kekurangannya adalah buku dalam bentuk e-book tidak bisa kita baca secara leluasa karena kita cepat jenuh jika lama-lama berada di depan monitor. Membeli buku adalah solusinya.

Membaca bukan hanya sekedar memanfaatkan waktu luang kita ketika menunggu, tapi harus lebih dari itu. Kita harus menjadikan kegiatan membaca menjadi agenda harian kita, tiada hari tanpa membaca, baik itu membaca buku-buku, Koran, majalah, atau apapun yang bisa kita jadikan sumber pengetahuan. Membaca juga bukan hanya membuat kita kaya akan pengetahuan. Membaca juga bukan sekedar meluaskan wawasan kita, bahkan kegiatan membaca tidak harus selalu untuk keperluan studi, misalnya membuat skripsi atau karya ilmiah lainnya. Membaca menjadikan diri kita sebagai “tenaga kreatif”, ruh yang membumbung tinggi yang terus bergerak maju, bangkit dari satu keadaan ke keadaan yang lain.

Tanpa membaca, membuat saya merasa seperti kehabisan bahan bakar untuk otak dan tentu saja membuat saya mengalami kebuntuan ide saat akan menulis. Tanpa membaca, membuat diri kita berhenti bergerak, tidak dapat kemana-mana. Memang, secara fisik kita bergerak bahkan hingga kelelahan. Namun, sebenarnya jiwa kita diam tanpa kita mau dan mampu membaca. Dengan membaca seolah bisa memberikan energi positif dan bahan bakar untuk otak dan jiwa kita.

Beberapa tokoh pun telah menjadi saksi betapa besarnya manfaat dari membaca. Seperti Rene Descartes, ia mengatakan, “… membaca buku yang baik itu bagaikan mengadakan percakapan dengan para cendekiawan yang paling cemerlang dari masa lampau−yang tidak lain adalah penulis buku itu.” Dengan membaca pun seolah telah membuat kita ikut memasuki beragam peristiwa di masa lampau. Kita bisa ikut merasakan perjuangan Bung Karno, Bung Hatta−yang kemanapun ia pergi, selalu membawa buku yang disimpan di dalam peti. Dan sejarah telah mencatat bahwa Soe Hok Gie pun mewarisi begitu banyak buku ketika ia wafat.

Lewat membaca juga seorang manusia dapat membagikan miliknya yang paling berharga−pengalaman dan pengetahuan yang telah dicari dan dikumpulkannya ketika dia hidup. Lewat membaca pun, seseorang dapat menaiki tangga kualitas kehidupan. Ia dapat menjumpai wilayah baru yang belum pernah ia jamah sebelumnya, dan ia pun bisa masuk dalam imajinasi sang penulis.

Berapa persen dari pendapatan kita yang kita sisihkan untuk membeli buku?jangan sampai uang kita malah habis untuk membeli rokok ketimbang buku. Bagi saya, membeli buku adalah investasi jangka panjang, investasi untuk intelektual saya yang mudah-mudahan berbuah pada ilmu yang bermanfaat.

Sahabat, ada kalimat indah yang diucapkan oleh Jostein Gaarder dan Klaus Hagerup, “Setiap kali aku membuka sebuah buku, aku menguak sepetak langit. Dan jika aku membuka sederetan kalimat baru, aku lebih banyak tahu dari sebelumnya. Dan segala yang kubaca membuat dunia dan diriku sendiri menjadi lebih besar dan luas.”

Kalimat di atas telah saya buktikan ketika membaca novel-novel dan buku-buku lainnya. Sekarang, coba kita gunakan mata kita untuk memandang seisi kamar, maka mata kita akan terbatasi oleh dinding-dinding. Akan tetapi, jika kita membaca, mata kita seolah menjadi tidak terbatas. Tunggu apa lagi, begitu banyak buku yang menanti untuk kita baca.

One thought on “Makna Membaca Bagi Saya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s