Ternyata Iri Hati Itu Boleh!

Melihat orang lain dengan kondisi berlebih dari kita selalu membuat kita merasa iri hati. Serasa apa yang dimiliki oleh orang lain harus juga dimiliki oleh diri kita sendiri. Iri hati itu ditandai oleh perasaan tidak senang ketika melihat orang lain diberi kelebihan. Seperti sebuah anekdot dalam iklan, susah melihat orang lain senang dan senang melihat orang lain susah.

Ternyata ada juga iri hati yang diperbolehkan, Iri hanya dibenarkan dalam dua hal, yaitu seseorang yang dikaruniai harta kekayaan, kemudian digunakannya untuk menegakkan kebenaran; dan seseorang yang dikaruniai hikmah pengetahuan, kemudian ia mengamalkan dan mengajarkannya kepada orang lain.” (HR. Buhkori)

Kita sering mendengar seorang dermawan yang mengadakan acara sosial membantu korban bencana alam, membangun fasilitas pendidikan, memberi beasiswa, dan banyak kegiatan sosial lainnya. Meskipun dia kaya, tapi tidak membuat ia menjadi sombong lantas tidak mau menyisihkan sebagian hartanya. Untuk tipe orang yang dermawan seperti ini, kita boleh iri kepadanya. Dengan harapan, kita akan termotivasi untuk berbuat lebih banyak dan bekerja lebih giat untuk menjemput rezeki sehingga kita bisa semakin banyak membantu orang lain.

Ada juga seseorang yang dikaruniakan kecerdasan dan kecemerlangan otaknya. Ia banyak terlibat dalam upaya memajukan pendidikan di Indonesia, ia pun menorehkan banyak prestasi dalam kancah nasional maupun internasional. Memiliki ilmu yang bermanfaat seperti itu tidak membuat ia sombong lantas menganggap dirinya lah yang paling pintar, justru ia membagikan ilmunya kepada masyarakat. Untuk tipe orang yang seperti ini pun kita boleh iri. Dalam artian, iri hati yang akan menjadi pemicu bagi kita untuk bisa belajar lebih giat untuk menuntut ilmu lebih dalam.

One thought on “Ternyata Iri Hati Itu Boleh!

  1. Kosim

    alhamdulillah ada situs yg membantu umat Islam untuk menambah ilmu dan wawasan + iman, smg mendapat manfaat dan pahala disisi Alloh swt. amin

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s