Memilih Teman

Memilih teman sama artinya dengan memilih masa depan.
Memilih teman sama artinya dengan memilih perilaku
Memilih teman sama artinya dengan memilih kualitas dan kuantitas ilmu

Oleh karena itu, siapa pun yang ingin masa depannya cerah, perilakunya menawan hati, serta luas ilmu dan wawasannya, maka ia harus sangat pandai memilih teman. Kita akan sulit berkembang bila sehari-hari kita bergaul dengan orang-orang malas. Kita pun akan sulit meraih kemuliaan akhlak, bila sehari-hari bergaul dengan orang yang buruk akhlaknya. Maka, tinggi rendahnya kualitas seorang manusia sangat dipengaruhi oleh kualitas orang yang menjadi temannya.

Kebutuhan akan interaksi itu tidak lantas membuat seseorang boleh semaunya bergaul dengan sembarangan orang menurut selera dan nafsunya, apalagi bagi seorang muslim. Seseorang cenderung untuk memilih teman yang mirip dengannya dalam hobi, kecenderungan, pandangan dan pemikiran. Oleh karena itu, Islam memberi batasan-batasan dalam hal pertemanan.

Bukankah Rasulullah SAW telah bersabda, “Sesungguhnya perumpamaan teman yang shalih dengan teman yang buruk adalah seperti penjual minyak wangi dan pandai besi. Seorang penjual minyak wangi bisa memberimu atau kamu membeli darinya, atau kamu bisa mendapatkan wanginya. Dan seorang pandai besi bisa membuat pakaianmu terbakar, atau kamu mendapat baunya yang tidak sedap.” (H.R Bukhari Muslim)

Dari hadits diatas dapat kita lihat adanya anjuran untuk selektif dalam memilih teman. Teman adalah personifikasi diri. Teman memiliki pengaruh yang besar sekali. Jika kita ingin melihat karakter seseorang, kita bisa melihat karkter dari teman-temannya. Oleh karena itu, mencari teman yang baik adalah sautu keharusan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s