Kekuatan itu Bernama Cinta dan Pengorbanan

Bagaimana seseorang  bisa tahan bekerja selama berjam-jam seolah tidak mengenal lelah?Padahal apa yang didapatkannya belum tentu sebanding dengan pengorbanannya. Apa pula rahasia pekerja rig lepas pantai yang rela meninggalkan keluarga dan orang-orang terdekatnya untuk bertarung dengan badai dan gelombang laut?Bagaimana juga dengan para petani yang dengan kaki telanjang sambil menuntun kerbau dan berjalan jauh di bawah teriknya siang?

Lalu, apa yang menjadi sumber kekuatan mereka sehingga pengaruhnya begitu kuat bagi mereka?Tidak hanya kuat fisik saja, tapi juga kuat secara mental. Sedangkan di sisi kehidupan yang lain, begitu banyak orang yang mengeluh hanya karena persoalan yang tidak lebih besar dari sangkaannya.

Kekuatan itu bernama cinta. Cinta yang melahirkan harapan kepada siapakah mereka akan mempersembahkan hasil kerja kerasnya. Kepada keluarga yang jauh, kepada masyarakat yang menanti karya mereka, kepada alam yang telah melayani mereka, kepada masa depan kehidupan yang menantikan suatu titik terang, atau kepada hati tempat cinta itu merekah dan mengalir.

Kekuatan itu bernama pengorbanan. Pengorbanan yang dilakukan sebagai pembuktian rasa cinta. Pengorbanan yang dilakukan sebagai perwujudan tanggung jawab. Pengorbanan sebagai pengejawantahan sikap tulus, sabar, dan rela berkorban. Tidak terbayangkan bila manusia tidak memiliki sikap pengorbanan, lantas siapa yang bisa menjadi manfaat bagi manusia lainnya?

Bila kita berkeluh kesah hanya karena harus memperpanjang waktu kerja beberapa jam saja, maka kenanglah perjuangan para penarik becak yang harus pergi pagi dan pulang malam. Bila kita mengeluh hanya karena secuil urusan, maka tengoklah urusan seorang bapak pengumpul sampah kampus kita. Beliau memiliki sesuatu yang ia cintai sehingga ia mau memberikan pengorbanan untuk orang-orang yang dicintainya. Beliau memiliki sesuatu yang ia cintai yang kepadanya ia ulurkan kerja. Kepada beliau-beliau itulah, kita belajar tentang pengorbanan atas nama cinta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s