Ramadhan 3 : Menjadi Pribadi Berprinsip Lebah

3 Ramadhan 1431 H / 13 Agustus 2010

Setiap yang tersurat dalam Al-Quran tidak mungkin hanya menjadi omong kosong belaka. Maka, pastilah Allah menyimpan hikmah yang besar ketika Allah menuliskan nama lebah dalam salah satu surat dalam Al-Quran : An-Nahl. Lebah hanyalah seekor lebah yang tidak memiliki arti apa-apa jika kita tidak mencoba untuk menguak tabir ayat-ayat kauniyah itu.

Beberapa prinsip bisa kita ambil dari lebah. Pertama, lebah hanya mengambil saripati bunga. Tidak berusaha untuk mengambil yang tidak diperlukan. Itu berarti apa yang masuk ke dalam tubuhnya adalah yang baik-baik. Maka, seperti itulah seharusnya kita berbuat. Tidak ada yang masuk ke dalam tubuh kita kecuali hanya yang baik-baik saja.

Kedua, lebah hanya mengeluarkan yang baik-baik─madu. Madu yang bisa menjadi obat bagi manusia dan kegunaan lainnya. Lagi-lagi, kita perlu mencontoh pada hewan yang satu ini. Tiada yang keluar dari mulut kita, selain kata-kata yang baik. Selama kita menjaga apa yang kita masukkaan ke dalam tubuh, maka kita akan terhindar dari keluaran yang buruk.

Ketiga, lebah selalu memberi manfaat pada setiap tempat yang ia hinggapi. Lebah tidak pernah merusak bunga dan tidak pernah menggugurkan daun-daun. Lebah justru membantu proses penyerbukan bagi bunga-bunga. Ia menjadi manfaat dimanapun ia berada.

Keempat, lebah memiliki martabat dan harga diri. Lebah berprinsip tidak akan menggangu jika tidak diganggu terlebih dahulu. Jikapun ada gangguan, maka lebah akan menyerang sebagai bentuk pembelaan terhadap harga dirinya. Harga diri dan martabat merupakan sesuatu yang amat berharga bagi setiap orang. Dari sinilah kita belajar.

Dari peristiwa ini, kita bisa belajar dari manapun. Tidak hanya dari ayat-ayat kauliyah saja, tapi juga dari ayat-ayat kauniyah yang tidak tersurat maknanya. Namun, jika kita mau sedikit merenung, sebenarnya makna-makna itu telah tersirat secara nyata. Wallahu’alam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s