Ramadhan 12 : Ramadhan Itu Ibarat Oase…

Ramadhan 12 : Ramadhan Itu Ibarat Oase…
Ahad, 12 Ramadhan 1431 H / 22 Agustus 2010

Jika kehidupan adalah gurun pasir, diri kita sebagai seorang pengelana, maka Ramadhan adalah oasenya. Ramadhan adalah oase tempat mengisi kembali energi jiwa yang telah lelah bergelut dengan fatamorgana hidup, penuh tipuan, dan kadang memanipulasi pandangan kita. Oase bukan sembarang oase. Oase yang bisa menjadi tempat berteduh dari teriknya hidup, berkontemplasi sejenak untuk merenungkan jejak langkah yang telah diambil, dan merencanakan jejak-jejak langkah berikutnya.

Ramadhan itu ibarat oase tempat kita singgah sejenak, sebulan saja, untuk menikmati jamuan Allah dalam berbagai bentuk kenikmatan ibadah. Bukan jamuan biasa. Jamuan teristimewa yang dipersembahkan bagi makhluknya yang beriman. Hanya orang beriman yang diserukan untuk menikmati jamuan ini. Seperti tercantum dalam ayat-Nya yang suci, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan untuk kamu berpuasa …”

Ramadhan merupakan momen bagi kita untuk menikmati jamuan dalam kekhusyuan ibadah, doa, lantunan syahdu ayat-ayat Al-Quran yang keluar dari mulut sewangi minyak kesturi, mengisi energi jiwa yang sempat futur, dan menumbuh-suburkan keimanan yang terus berkelanjutan. Jamuan itu─pada hakikatnya─sedang mempersiapkan perbekalan kita pada perjalanan─bisa jauh, bisa dekat─berikutnya.

Perjalanan kehidupan ibarat traveling terbesar, dan traveling tentunya membutuhkan perbekalan yang memadai. Di oase Ramadhan inilah kita sedang mempersiapkan bekal, mengisi energi ruhiyah, dan melihat kembali peta hidup yang menjadi arah dalam perjalanan kita. Di oase ini para pengelana menanti momen-momen indah malam seribu bulan, menikmati janji Allah pada salahsatu kenikmatan orang yang berpuasa : saat berbuka, dan menikmati syahdunya lantunan ayat-ayat Al-Quran pada malam dan siang hari. Di oase Ramadhan ini pula para pengelana membersihkan diri dari segala kekotoran duniawi, sejuknya air oase telah melunturkan dosa-dosa, air oase membekas di wajah sebagai saksi bagi orang yang selalu menjaga wudhu. Pintu Ar-Rayyan pun terbuka.

Perjalanan berikutnya yang akan mereka tempuh merupakan perjalanan yang amat berat. Banyak sekali rintangan yang akan menghalau. Tipuan dunia masih menghantui, godaan makhluk masih terus akan merongrong hingga hari kiamat, dan fatamorgana itu akan tetap terlihat sehingga akan terus melenakan manusia dari tujuan hidup sebenarnya. Terlebih lagi, sang pengelana tidak mengetahui usia perjalanannya. Entah ia akan sampai pada tujuannya atau tidak, tergantung pada ke-istiqomah-an dirinya selama perjalanan.

Perjalanan berat dan panjang tidak mungkin dijalani seorang diri. Sang pengelana membutuhkan teman yang akan selalu mengingatkannya jika melenceng dari peta tujuan hidup. Teman yang akan selalu mendampinginya sebagai perwujudan dari ikatan ukhuwah yang kuat, sebagai pengingat dalam kebaikan dan kesabaran. Tidak hanya itu, teman perjalanan juga akan membantu sang pengelana menghadapi ketakutan.

Ramadhan tempat memantapkan hati kita untuk kembali kepada jalan yang lurus dan meneguhkan hati untuk mencapai tujuan yang paling hakiki─menuju keridhoan Allah. Kita berharap pula di ujung perjalanan nanti kita dapat melihat wajah Allah di surga-Nya yang telah dijanjikan untuk orang yang bertakwa─sebagai tujuan akhir dari Ramadhan. Seperti dalam ayat suci-Nya, “ … agar kamu bertakwa.”

Ya Rahman ya Rahim, tunjukilah kami jalan yang lurus menuju keridhoan-Mu, bukan jalan mereka yang tersesat dan bukan pula jalan mereka yang Kau murkai. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau, karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia).

One thought on “Ramadhan 12 : Ramadhan Itu Ibarat Oase…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s