Ramadhan 24 : Sisipkan Kami Dalam Doa-doa Panjangmu, Kawan…

Jumat, 24 Ramadhan 1431 H / 3 September 2010

Kekuatan dan kemampuan manusia sangatlah terbatas
Kekuatan dan kemampuan Allah tidak pernah memiliki batas..

Ada sisi keterbatasan manusia, tidak semua hal bisa terjangkau olehnya melalui sekedar usaha. Keberhasilan yang dicapai tanpa ada upaya vertikal menuju Allah hanya akan melahirkan kesombongan dalam diri manusia. Merasa diri hebat, merasa dirinya yang paling mulia. Hingga pada akhirnya, ia akan kembali merengek juga kepada Allah ketika menemui jalan buntu.

Kita memang berbeda dengan Allah dalam segala dimensi. Dia memberi tanpa henti, kita malah meminta tanpa henti. Dia akan senang jika hamba-Nya meminta kepada-Nya, tapi kita malah tidak senang jika terus dimintai oleh sesama manusia. Dia tidak pernah tidur untuk mendengarkan permohonan hamba-Nya, tapi kita sedikit-sedikit tidur.

Doa sebagai media komunikasi kita kepada Allah, tempat kita mencurahkan segala pernak-pernik dunia. Ini merupakan wujud kasih sayang Allah kepada hamba-hamba-Nya. Allah tidak akan membiarkan manusia berada dalam kebimbangan dan kecemasan ketika menghadapi permasalahan hidup di dunia. Manusia pada hakikatnya lemah, membutuhkan tempat bersandar dan pijakan untuk berkeluh-kesah. Doa sekaligus sebagai perwujudan dari penghambaan diri kepada-Nya.

Kawan, begitu lembutnya Allah berbicara kepada kita melalui Al-Quran bahwa Dia itu dekat dan Dia mengabulkan permohonan orang yang berdoa. Allah itu pemalu, Dia malu jika tidak mengabulkan doa jika ada hamba-Nya yang berdoa. Allah tidak pernah tidur, pelankanlah suara kita dalam berzikir dan berdoa karena kita tidak sedang memohon kepada Tuhan yang tuli dan jauh.

Kawan, dalam fase terakhir Ramadhan ini, marilah kita perbanyak doa untuk kebaikan diri kita sendiri, keluarga, masyarakat, dan bangsa Indonesia. Allah tidak pernah menyalahi janji-Nya. Jangan pernah bosan berharap kepada-Nya, jangan pernah jengah untuk mengulang-ngulang doa, bukankah Allah lebih menyukai doa yang diulang-ulang? Bagaimana jika belum terkabul? Yakinlah, Allah masih senang mendengar doa-doa kita dan tanpa kita sadari melalui aliran doa-doa kita, Allah telah menyingkirkan sekian keburukan dan akan mendatangkan kebaikan yang tidak kita minta.

Biarkanlah untaian doa-doa itu terus mengalir dari lisan kita, biarlah lisan kita selalu basah oleh pengharapan, biarkan air mata berderai menemani, biarkan ia menjadi jalan terbukanya pintu Lailatur Qodar. Allah tidak pernah bingung dengan apapun yang kita minta pada-Nya. Malah Dia bertanya ketika kita tidak mau memohon kepada-Nya. Kawan, mari kita manfaatkan malam-malam terakhir Ramadhan ini dengan memperbanyak doa. Jika ada harapan yang belum terkabul, jika ada permohonan yang masih menggantung, dan jika masih ada keinginan yang belum menjadi nyata, jangan ragu-ragu untuk meminta kepada Dzat yang Maha Mengabulkan Doa. Sisipkan pula kami dalam doa-doa panjangmu, Kawan.

Ya Rabb..
Yang Maha Menggetarkan Hati,
Alangkah nikmatnya bermunajat kepada-Mu
Membangkitkan bulu roma, meneteskan air mata, membuat hati gerimis

Alangkah indahnya,
Membayangkan Engkau tersenyum kepada kami
Membayangkan Engkau melebarkan tangan
Tanda menerima kami

Biarlah dosa kami selangit
Tak sanggup bumi menopang
Biarlah semua tidak peduli terhadap kami

Ya Rabb…
Satu hal yang kami minta dari-Mu
Dari Dzat yang tak pernah sanggup menolak
Dari Dzat yang pemalu
Mengembalikan tangan hamba-hamba-Nya dengan kehampaan
Tanamkan keyakinan di dada ini, di hati ini
Di sela-sela pikiran buruk kami
Di sela-sela prasangka buruk kami
Bahwa Engkau Maha Pengampun
Dan menyukai pengampunan
Maka, ampunilah kami…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s