Perpustakaan Pribadi

Seringkali saya merasa menemukan banyak sekali inspirasi dan ide-ide segar di antara lembaran-lembaran buku yang ada di perpustakaan. Jika tidak sempat ke perpustakaan, saya sempatkan untuk mengunjungi toko buku dan membaca sampai puas, walaupun tidak membelinya. Membaca akan melancarkan lidah, membuat pola pikir lebih terstruktur, menajamkan intelektual, menajamkan kepekaan untuk menulis, dan bisa juga menjadi sarana hiburan. Namun, kadang terlalu lama berkutat dengan buku-buku justru bisa juga membuat inspirasi mandeg, mungkin karena terlalu banyak informasi yang didapat sehingga membuat otak kita lelah.

Namun, jika sudah merasa seperti itu, cobalah untuk melakukan variasi bacaan. Anda bisa mencoba membaca buku-buku yang tidak terlalu berat pembahasannya atau membaca buku di luar ruang lingkup Anda yang biasanya atau bisa juga membaca komik-komik ketika semasa kecil Anda. Dengan begitu, pikiran dan otak Anda akan ter-refresh dan siap menerima asupan-asupan baru.

Maka, memiliki banyak koleksi buku menjadi tuntutan bagi seseorang yang gemar membaca. Jika kita melihat kepada generasi pergerakan nasional, seperti Soekarno, Natsir, dan Hatta. Hatta memiliki koleksi buku sekitar 10.000-an judul, juga Soekarno, Yamin, Syahrir. Artinya, sebagai generasi pejuang, mereka juga tidak melupakan tanggung jawabnya sebagai generasi pembelajar. Hal ini menginspirasi saya untuk terus menambah koleksi buku di perpustakaan pribadi saya dan tentu membacanya  juga. Memiliki perpustakaan pribadi juga akan membuat kita memiliki banyak variasi bacaan. Perpustakaan pribadi Anda adalah kebun yang rindang dan taman yang penuh dengan bunga-bunga di sekitar rumah Anda. Memiliki perpustakaan pribadi tidak hanya dinikmati oleh diri kita sendiri saja. Namun, lebih dari itu, kita bisa mewariskannya kepada anak-cucu kita kelak.

Salah satu sudut rak koleksi buku di Sampoerna Corner ITB

One thought on “Perpustakaan Pribadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s