Berjalanlah di Muka Bumi

Satu hal yang membuat hati menjadi lapang dan tenang adalah merenungkan keindahan ciptaan Allah Yang Maha Agung di pelataran alam semesta. Alam yang begitu luas senantiasa membuat kita untuk selalu merenungkan sifat Allah yang Maha Luas (Al-Wasi), ciptaan-Nya pun teramat luas untuk dapat dijangkau oleh manusia. Berjalan di muka bumi bisa membuat kita menikmati “kitab yang terbentang” ini. Melakukan rihlah dari satu tempat ke tempat yang lain dan menyaksikan tempat-tempat yang berbeda akan sangat menyenangkan. Allah berfirman :

Katakanlah : ‘Berjalanlah di muka bumi, kemudian perhatikanlah …” (Q.S Al-An’am [6] : 11)

Berjalan menjelajah alam dan muka bumi membuat kita belajar untuk bisa membaca “buku penciptaan” yang terbuka lebar untuk kemudian menyaksikan bagaimana pena-pena kekuasaan menuliskan tanda-tanda keindahan di atas lembaran-lembaran kehidupan. Betapa tidak, kita akan banyak menyaksikan bukit-bukit nan hijau, pesawahan yang asri, hingga kehidupan masyarakatnya yang heterogen. Sesekali, luangkanlah waktu untuk berjalan di muka bumi ini. Keluarlah dari rutinitas sehari-hari kita, lalu perhatikan apa yang ada di sekitar kita, di depan mata kita, dan di belakang kita—yang kadang terabaikan. Susurilah sudut-sudut kota, jamahlah udara segar perbukitan, dan sesekali jauhkan diri kita sejenak dari keramaian untuk membeli ketenangan. Maka, kita akan menemukan kembali jiwa kita.

Marilah sekali-kali kita duduk di pinggir sungai untuk mendengarkan ritme riak arusnya yang konstan. Sesekali, luangkan waktu untuk bertafakur saat berada di alam. Keriapan burung berkicau yang seolah memanggil; ritme riak sungai yang sedang menceritakan perjalanannya dari hulu ke hilir; dan kesejukan alamnya seolah menjadi terapi yang menenangkan. “Kitab yang terbentang di alam” ini tidak dapat kita temui di buku-buku maupun karya ilmiah lainnya. ‘Aidh Al-Qarni mengatakan,

Dalam bentangan alam yang kubaca; banyak huruf, kata, dan rerupa yang tidak bisa aku baca dalam buku. Aku membaca matahari yang bersinar; sungai, parit-parit, gunung-gunung, pepohonan, buah-buahan, cahaya, udara, dan air…”

Siapapun yang berjalan di muka bumi, dia akan kagum terhadap ciptaan Allah, dan akan terheran-heran bagaimana Allah mengatur semua ini secara harmonis di alam semesta. Dia juga akan menyaksikan pelajaran-pelajaran berharga bagi dirinya sendiri dan orang lain. Berbagi waktu dengan alam pun, akan menjadikan seseorang lebih mengenali dirinya sendiri dan mengetahui siapa dirinya yang sebenarnya. Terlebih lagi teman-teman yang ikut bersamanya. Di alam, secara tidak sadar manusia memperlihatkan karakter aslinya; entah dari keluhannya, dari semangatnya, atau dari jiwa penolongnya. Oleh karena itu, melakukan perjalanan wisata, mengunjungi tempat-tempat yang baru, dan mencoba berbagi waktu dengan alam adalah proses mengenali diri sendiri dan orang lain. Dengan begitu pula, dia bisa membaca buku alam semesta yang terbuka luas.

Sekali waktu, lakukanlah perjalanan untuk menyegarkan kembali suasana hidup, untuk melihat perihal dunia di luar dunianya, untuk melihat hal-hal baru, dan tempat-tempat yang lain. Perjalanan adalah sebuah kenikmatan tersendiri. Oleh karena itu, sesekali keluarlah bersama keluarga atau teman-teman untuk melakukan rihlah atau rekreasi. Dengan rekreasi, kita akan lebih dekat dengan orang-orang di sekitar kita. Kesegarannya akan memperbaharui gairah hidup dan akan membuang kejemuan.

 

2 thoughts on “Berjalanlah di Muka Bumi

  1. Asop

    Di sini, istilah “it’s a small world” gak berguna…😆

    Manusia pasti butuh sesuatu yang baru, karena otak manusia memang begitu. Pasti bosan, dan ingin sesuatu yang belum pernah dirasakan sebelumnya.🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s