Penulis Blog Juga Butuh Komentar

Menulis adalah salah satu bahasa komunikasi verbal. Meskipun kita tidak bisa menatap langsung lawan bicara kita, tetapi setidaknya para pembaca bisa merasakan emosi dari si penulis pada tulisan-tulisannya. Bisa dikatakan, tulisan adalah sebentuk media komunikasi satu arah antara penulis dan pembaca yang tidak memberikan ruang untuk berdiskusi secara bebas dan langsung. Namun, tulisan sebagai media komunikasi satu arah itu tidak berlaku pada media-media online. Para pembaca bisa merespon dan berkomentar secara bebas dan langsung, terlebih lagi pada media blog.

Ketika berbicara tentang komunikasi, khususnya dalam penggunaan blog sebagai media komunikasi, maka kita bicara pula soal komunikasi dua arah. Layaknya komunikasi yang kita lakukan pada dunia nyata (offline), sebenarnya manusia itu saling merespon dari bahasa tubuh dan kata-kata jawaban dari lawan bicara kita. Menurut Teori Behavioral, sikap dan perilaku seseorang dipengaruhi oleh kebiasaan dan merupakan respon dari rangsangan yang dia terima. Setiap rangsangan akan menimbulkan gerak balas. Gerak balas yang dibiasakan itu akan menjadi sebuah perilaku yang terus menerus akan dilakukan secara otomatis.

Maka, selayaknya komunikasi dalam dunia offline, penulis blog pun memerlukan timbal-balik sebagai bentuk komunikasi dua arah. Cara untuk berkomunikasi dua arah dalam blog adalah dengan memberikan komentar; pembaca memberikan komentar atau tanggapan, kemudian si penulis blog akan balas merespon. Komentar yang masuk pasti dibaca oleh si penulis blog, tapi tidak semua perlu ditanggapi (dibalas). Terkadang ada komentar yang hanya sebatas membenarkan atau memuji suatu tulisan, maka komentar yang seperti itu tidak perlu semua dibalas. Namun, ada juga yang mengajak berdiskusi atau meminta penjelasan, komentar itulah yang semestinya dibalas, tentu harus relevan dengan maksud dan isi tulisannya.

Komentar pun menjadi penting untuk mengetahui siapa-siapa saja yang mengunjungi blog kita (pengunjung setia?). Jika tidak meninggalkan jejak—berupa komentar, maka bagaimana kita tahu siapa para pengunjung blog kita? Selain itu, komentar pun akan mendongkrak semangat dan motivasi dari si penulis untuk terus berkarya. Komentar berlaku juga sebagai apresiasi dan sebentuk pengakuan terhadap penulis blog. Terus terang, saya merasa senang setiap ada komentar yang masuk. Rasanya, komentar-komentar dari para pembaca itulah yang selalu menemani perjalanan saya dalam hal tulis-menulis (blog).

Nah, sekarang Anda coba lakukan sebuah eksperimen. Ketika Anda berbicara dengan orang, Anda hanya menjawab seperlunya saja, jawab dengan ekspresi yang datar. Atau ketika Anda berbicara dengan kawan melalui telepon, Anda tidak perlu mengatakan “ya”, “oh”, dan ekspresi-ekspresi lain. Anda jawab seperlunya saja jika kawan bicara Anda bertanya secara eksplisit. Tentu kawan bicara Anda akan kebingungan. Atau juga ketika Anda mengirimkan SMS kepada kawan Anda, tentu Anda mengharapkan balasan jawaban secepatnya dengan jawaban yang benar, lengkap, dan akurat. Jika tidak segera dibalas, tentu Anda merasa kebingungan dan menunggu-nunggu.

Begitu pula jika Anda tidak mengomentari tulisan-tulisan di blog ini, saya menjadi bingung dan menunggu-nunggu. Bukan saya gila komentar, tapi mungkin saja komentar-komentar dari Anda akan memperbaiki tulisan-tulisan saya dan memperkaya wawasan saya. Saya pun bisa mengetahui siapa-siapa saja yang menjadi pengunjung blog saya. Selain itu, sedapat mungkin saya akan meng-update nya secara berkala untuk membuka lahan komentar dari Anda. Tentu saja, komentar yang masuk juga jangan hanya sekedar basa-basi (atau spam) : “pertamax!”, “mantap!”, “ditunggu kunjungan balik!” dan seterusnya. Namun, jangan pula menjadi canggung dan malu untuk berkomentar, saya akan senang dan menghargai setiap komentar dari Anda, karena komentar dari Anda sangat berarti untuk memotivasi dan memperbaiki diri saya.

3 thoughts on “Penulis Blog Juga Butuh Komentar

  1. cetak cd

    That is really fascinating, You’re a very professional blogger. I have joined your rss feed and look forward to looking for more of your great post. Also, I have shared your website in my social networks

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s