Buku Baru (Atau Lama?)

Sebenarnya, buku-buku yang saya dapatkan ini bukanlah buku yang terbilang baru. Buku-buku ini merupakan peninggalan dari almarhum kakek saya. Rata-rata, sebagian dari buku-buku ini diterbitkan pada rentang tahun 1978 hingga 1980-an. Ada juga yang diterbitkan pada rentang tahun 1990-an. Membaca setiap lembar bukunya membuat saya merasa seperti kembali menapaki sejarah bangsa ini, dipandang dari berbagai sudut. Ada dari sudut keislaman, biografi, politik, hingga pergerakan nasional.

Nah, karena buku-buku barunya (buku lama?) terbilang banyak, maka persoalan selanjutnya adalah saya bingung untuk memilih buku pertama yang akan saya baca karena semua bukunya relatif bagus. Membaca bukunya satu-satu tentu akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit, belum lagi dengan persoalan jika ada buku lain yang juga menarik, saya akan mudah tergoda untuk membaca buku yang lain sebelum menamatkan buku pertama. Duh! Bisa jadi tidak selesai-selesai bacanya.

Berikut daftar buku-bukunya :

Hatta, Mohammad. 1979. Mohammad Hatta : Memoir. Jakarta : Penerbit Tintamas
Kuntowijoyo. 1991. Paradigma Islam : Interpretasi Untuk Aksi. Bandung : Penerbit Mizan.
Puar, Yusuf Abdullah. 1978. Muhammad Natsir : 70 Tahun Kenang-Kenangan Kehidupan dan Perjuangan. Jakarta : Pustaka Antara.
Shihab, M. Quraish. 1992. Membumikan Al-Quran : Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung : Penerbit Mizan.
________.1994. Lentera Hati. Bandung : Penerbit Mizan
Zuhri, Saifuddin. 1981. Kaleidoskop Politik di Indonesia Jilid 2. Jakarta : Penerbit PT. Gunung Agung.

2 thoughts on “Buku Baru (Atau Lama?)

  1. bagusramdan

    Semua bukunya bagus dan layak untuk dibaca. Mana yang duluan dibaca? Saya pilih Moh. Hatta dulu kemudian politik dan yang terakhir hal-hal yang menyangkut islam🙂

    Alasannya? Pada prinsipnya saya senang membaca buku apa saja. Don’t judge the book by the cover, jadi semua patut untuk dibaca. Sama seperti menonton film, semua film baru/lama, bagus/jelek, saya tonton untuk menambah wawasan dan perspektif. Alasannya saya memilih buku Moh. Hatta yang pertama dibaca karena saya ingin menyelami kehidupan beliau. Pasti dalam buku “Memoir” tersebut banyak hal-hal yang bisa jadi merupakan memori yang layak untuk dikenang🙂

    Reply
    1. Rizal Dwi Prayogo Post author

      Yap, setuju. Memang buku M. Hatta yg sy (rencanakan) baca duluan krn banyak kisah menarik dr seorang Bapak Bangsa ini.. Sesekali, sy selingi dgn buku yg lain.
      Trmksh sdh berkunjung mas bagus🙂

      Salam.

      Reply

Leave a Reply

