What to Write Today?

Hari ini saya belum menemukan ide yang unik dan pas untuk menjadi bahan tulisan. Namun, untuk menjaga agar otot dan saraf menulis saya tetap elastis, saya harus “memaksa” diri untuk bisa menuangkan ide apapun yang terlintas di benak saya untuk dijadikan bahan tulisan. Tapi, mau menulis tentang apa? Tentang apapun yang ingin kita tulis. Tentang apapun yang ingin kita bagikan kepada banyak orang. Intinya, menulis itu berbagi; berbagi kebahagiaan, berbagi manfaat, berbagi inspirasi, berbagi ilmu, bahkan berbagi perasaan.

Saya merasakan bahwa kemauan dan kemampuan menulis itu harus terus diasah, bahkan setiap hari. Oleh karena itu, bagi yang ingin (makin) melenturkan otot dan saraf menulis, setiap kita tampaknya harus punya blog agar kita memiliki media untuk mempublikasikan ide dan gagasan kita. Saya juga ingin kegiatan menulis yang saya lakukan bukanlah suatu pekerjaan yang “menyiksa”, tapi lebih kepada kebutuhan dan kepuasan pribadi. Intinya, kegiatan menulis harus dijalani dengan motivasi yang kuat dari diri si penulis. Pertanyakan pula pada diri sendiri: AMBAK? Apa Manfaatnya Bagiku (menulis)?

Setiap kita tentu akan lebih termotivasi untuk melakukan sesuatu jika hal yang kita kerjakan tersebut memberi manfaat dan kontribusi positif bagi diri kita, terlebih lagi bagi orang lain. Begitu pula dengan menulis. Jika kita telah merasakan manfaat tersebut secara nyata, tentu kita akan makin termotivasi untuk menulis. Kegiatan menulis yang telah dirasakan manfaatnya tentu akan membuat kita merasa bahwa menulis bisa menghadirkan kepuasan batin. Saya juga merasakan hal itu. Anda pun tentu merasakannya.

Tulisan yang telah kita hasilkan (seharusnya) membuat kita merasakan kepuasan batin, apalagi jika ternyata tulisan kita terasa manfaatnya bagi orang lain. Dengan demikian, menulis bukanlah suatu kegiatan yang “menyiksa” lagi, tapi telah menjadi suatu rutinitas hingga setiap kita merasa bahwa ada yang kurang jika tidak menulis (setiap hari).

So, what to write today? #thinkin’

4 thoughts on “What to Write Today?

      1. Kiyoshi

        asal jangan terpaksa we..
        jangan sampai tersiksa,, kita melakukan ini, karena ini menyenangkan😀

Leave a Reply

