Ber-Internet yang Produktif

Saya tidak memiliki parameter yang pasti tentang ber-internet produktif ini. Namun, satu hal yang pasti, produktif artinya kita menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Atau paling tidak, kita mendapatkan sesuatu yang bermanfaat. Bagaimana agar kegiatan ber-internet kita menjadi produktif? Tentu hal ini menjadi relatif, tergantung bagaimana sudut pandang setiap orang.

Kadang kegiatan ber-internet tidak pernah direncanakan. Ada saja keinginan untuk membuka internet. Entah itu membuka email, FB, blog, atau apapun yang dirasa akan memberikan informasi kepada kita selaku surfer. Hampir bisa dipastikan, selalu saja ada informasi terbaru yang memang layak untuk diketahui. Namun, kadang juga informasi di internet tidak selalu update. Informasi yang ada adalah informasi yang telah usang. Kalau begitu, kita tidak mendapatkan informasi yang berharga.

Memang, adakalanya kita menggunakan internet sebagai media hiburan. Membuat kita terhibur pun itu sudah termasuk mendapat manfaat. Tapi, terlalu lama menghibur diri dengan cara seperti itu juga kurang baik. Semua harus dilakukan secara proporsional. Sesuai kebutuhan saja. Bahkan, seringkali membuat kita lupa waktu. Ini yang membuat kita tidak produktif ketika ber-internet.

Jadi, kesimpulannya adalah: pastikan setiap kita membuka internet, ada sesuatu informasi berharga yang kita dapatkan. Atau lebih bagus lagi, kita menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Hmm, mari berlatih.

2 thoughts on “Ber-Internet yang Produktif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s