Knowledge Accident

Secara tidak sadar, sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mengalami knowledge accident, yaitu mendapatkan pengetahuan atau informasi yang tidak pernah direncanakan sebelumnya. Persis seperti kebetulan (accident), semua di luar kehendak kita. Pengetahuan tersebut mampir kepada kita pada saat kita tidak terlalu membutuhkannya. Maka, seringkali kita menganggap remeh pengetahuan tersebut karena menganggap pengetahuan tersebut tidak (belum) ada kaitannya untuk kepentingan kita saat itu.

Di era informasi saat ini, pengetahuan sangat melimpah ruah (abundant of knowledge). Peluang knowledge accident juga akan semakin besar. Maka dari itu, setiap orang membutuhkan keahlian yang lebih untuk dapat menerima asupan informasi dan pengetahuan yang berkelimpahan tersebut. Namun, kapasitas seseorang juga memiliki keterbatasan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih dan memilah pengetahuan yang ingin didapat.

Knowledge accident agaknya cukup sulit untuk kita hindari. Bisa saja hari ini kita mendapat pengetahuan seputar bidang yang bukan merupakan minat dan bakat kita. Atau kita mendapat pengatahuan yang dirasa tidak ada relevansinya untuk kepentingan kita saat ini. Atau bahkan, secara tidak sengaja kita berkenalan dengan seseorang yang tidak berhubungan dengan kepentingan kita sekarang. Knowledge accident bisa terjadi dimana saja dan kapan saja; di rumah, kampus, tempat umum, kantor, saat lengang, saat sibuk, dsb. Namun, kadang pengetahuan tersebut kita lewatkan begitu saja.

Padahal, sebenarnya knowledge accident itu bisa menjadi aset pengetahuan kita di masa mendatang yang belum kita ketahui akan digunakan untuk apa dan kapan. Bisa jadi, pengetahuan yang kita dapatkan saat ini—-secara tidak sengaja—-adalah kebutuhan kita di masa mendatang. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk membudayakan kegiatan pendokumentasian, baik informasi maupun pengetahuan. Jika disimpan dalam suatu dokumentasi yang teratur dan rapi, siapa tahu suatu saat nanti kita akan membutuhkannya. Pada saat itulah pengetahuan dan informasi tersebut menjadi bernilai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s