Selepas Masa Kampus

Tugas perguruan tinggi adalah membentuk manusia susila dan demokrat yang :

1. Memiliki keinsafan tanggung jawab atas kesejahteraan masyarakatnya.
2. Cakap dan mandiri dalam memelihara dan memajukan ilmu pengetahuan.
3. Cakap  memangku jabatan atau pekerjaan dalam masyarakat.

(Muhammad Hatta)

Ungkapan pemikiran Hatta di atas dapat disederhanakan dengan kata-kata bahwa tugas perguruan tinggi adalah membentuk insan akademis. Insan akademis yang dimaksud di sini adalah insan yang memiliki dua peran. Pertama, peran untuk selalu mengembangkan diri sehingga menjadi generasi yang tanggap dan mampu menghadapi tantangan masa depan. Kedua, peran yang akan muncul dengan sendirinya apabila mengikuti watak ilmu itu sendiri.

Watak ilmu adalah selalu mencari dan membela kebenaran ilmiah. Dengan selalu mengikuti watak ilmu ini, maka insan akademis mengemban peran untuk selalu mengkritisi kondisi kehidupan masyarakatnya di masa kini dan selalu berupaya membentuk tatanan masyarakat masa depan yang benar dengan dasar kebenaran ilmiah.

Dengan pemaparan ini, maka secara teknis, keseluruhan proses pendidikan di perguruan tinggi ditujukan untuk membantu atau menjadi alat bagi mahasiswa untuk menjawab tantangan masa kini dan masa depan. Selain itu, pendidikan juga ditujukan untuk membantu mahasiswa menentukan visinya tentang tatanan masa depan yang baik menurut kaidah ilmiah.

Dengan tujuan untuk membentuk insan akademis ini, maka seluruh proses yang berlangsung di perguruan tinggi adalah proses pendidikan dalam rangka membentuk karakter. Sikap para pengajar yang bertanggung jawab dan kepakarannya dalam lingkungan ilmu adalah sumbangan yang besar dalam pembentukan karakter ini, tetapi itu saja belumlah cukup. Mahasiswa sendiri juga harus ikut serta mendidik dirinya sendiri (learning by himselves) dengan tetap berpedoman pada nilai kebenaran ilmiah.

Mereka harus senantiasa melakukan kritik dan koreksi atas dirinya sendiri. Apabila itu semua dilakukan dengan segala kesadaran, maka rasa tanggung jawab sebagai insan akademis akan tertanam. Dalam alam yang merdeka ini, mahasiswa menemui suasana yang baik untuk membentuk karakter akademisnya, yaitu kebenaran, keadilan, kejujuran, dan kemanusiaan. Alam merdeka seperti inilah yang menjadi karakteristik perguruan tinggi.

Proses pendidikan dilakukan untuk membantu mahasiswa dalam membentuk visi masa depan dan menghadapi tantangan masa kini dan masa depannya. Yang dimaksud visi insan akademis sebenarnya adalah pandangan mengenai tatanan seluruh aspek kehidupan masa depan yang baik dan benar menurut kaidah ilmiah. Sementara itu, tantangan adalah tatanan realita kehidupan yang berkembang sekarang dan nanti yang harus dihadapi.

Sekali lagi, visi dan tantangan ini bukanlah tujuan dari proses pendidikan, tetapi merupakan tugas dan medan perang yang harus dihadapi setiap generasi yang sedang atau telah menjalani proses pendidikan. Untuk menjawab seluruh visi dan tantangan, proses pendidikan harus mampu menghasilkan manusia yang tangguh dalam menghadapi tantangan global dan mampu mengupayakan terwujudnya visi masa depan.

Gelar kesarjanaan bukanlah akhir, tapi awal sebuah perjuangan yang sebenarnya. Gelar kesarjanaan adalah klimaks dari suatu proses pembelajaran di dunia kampus, dimana kampus adalah suatu kawah candradimuka untuk membentuk manusia-manusia yang tangguh dan bervisi panjang dalam menghadapi tantangan masa depan. Namun, sekali lagi, ini bukanlah akhir. Gelar kesarjanaan ini adalah amanah. Dan di balik gelar kesarjanaan ini terkandung tanggung jawab yang besar. Lingkungan kita menanti kontribusi dari kita semua. Apapun bentuknya, selama itu bermanfaat bagi sebanyak-banyaknya umat manusia. Bersyukurlah bagi kita yang dapat merasakan pendidikan.

3 thoughts on “Selepas Masa Kampus

  1. Agung Pandi Nugroho

    Mantab jal…ditunggu kontribusinya lebih lanjut ^^
    Semoga aktivitas nulisnya gak kendor setelah wisuda.
    (Gravatarnya ganti y, serem kali …hehe)

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s