Sesuatu yang Baru?

Apakah ada sesuatu yang benar-benar baru di dunia ini? Pertanyaan ini cukup membuat saya penasaran untuk beberapa lama. Saya beranggapan bahwa sesuatu yang dianggap baru tersebut merupakan kreasi dari sesuatu yang telah ada. Hanya saja telah mengalami proses modifikasi. Sesuatu yang lama diubah menjadi sesuatu dengan tampilan yang baru, sehingga terkesan inovatif. Atau bisa disebut juga repetisi. Sesuatu yang baru tersebut adalah hasil pengulangan dari sesuatu yang telah ada.

Agaknya, alam pun memiliki hukum demikian. Misal pada hukum kekekalan energi: energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, tapi berpindah dari satu bentuk ke bentuk yang lainnya. Bisa jadi, energi pun mengalami repetisi. Hanya saja, sebelum kembali ke bentuk asalnya, energi “sempat” berubah menjadi bentuk energi lain. Itulah siklus alam. Jadi, tidak ada sesuatu yang baru dan tidak ada pula sesuatu yang hilang.

Sesuatu yang berada di alam selalu bisa kita jadikan pelajaran untuk kehidupan kita sehari-hari. Ketika mendengar kata inovasi, benarkah inovasi tersebut bersifat murni, dalam artian belum ada yang mendahuluinya? Jika pun ada, kemungkinan inovasi tersebut hanyalah pengembangan ataupun modifikasi dari sesuatu yang telah ada. Hanya menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Namun, terlepas dari asal-usulnya, inovasi adalah suatu hal yang positif karena dapat mengkreasikan sesuatu (dengan tampilan) yang baru.

Kembali ke pertanyaan awal: apakah ada sesuatu yang benar-benar baru di dunia ini?

One thought on “Sesuatu yang Baru?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s