Pentingnya Berkompetisi

Oh, ya. Saya belum bercerita lagi mengenai kelanjutan seleksi PPAN tempo hari. Berdasarkan hasil seleksi, alhamdulillah saya … tidak (belum) lolos. Ya, inilah kiranya yang terbaik untuk saya. Dari ratusan peserta se-Jawa Barat yang mengikuti seleksi, hanya tersedia kuota sebanyak tiga orang. Dari lima program pertukaran yang ada, hanya tiga program yang tersedia (available) untuk Jawa Barat. Dan masing-masing program hanya tersedia untuk satu orang saja. Wah, memang persaingan yang sengit!

Meskipun belum lolos, saya sudah cukup banyak mendapat pengalaman. Setidaknya, saya ikut andil dalam acara-acara seperti ini. Ada beberapa lesson learned yang dapat diambil dari ajang kompetisi seperti ini. Antara lain, dapat mengenali kompetensi diri sendiri. Kita tidak akan pernah tahu bakat apa yang tersimpan dalam diri kita sebelum kita mengujinya. Bakat yang terpendam hanya akan menjadi energi potensial. Belum menghasilkan apa-apa.

Dari acara ini, saya dapat lebih mengenali kemampuan dan potensi yang saya miliki. Dan yang lebih penting lagi, saya tahu standar kompetensi yang dibutuhkan. Dari situ saya belajar bahwa, untuk mengetahui standar kompetensi yang kita miliki, kita harus banyak mengikuti ajang-ajang yang berbau kompetisi seperti ini. Kita juga dapat mengenali kompetensi orang lain yang dapat menjadi bahan masukan untuk perbaikan diri kita.

Bakat terpendam yang semula hanya menjadi energi potensial bisa kita ubah menjadi energi gerak. Bakat tersebut, mau tidak mau, harus kita tampilkan dengan sebaik mungkin. Dan dari situ juga kita akan mengetahui sejauh mana kompetensi kita. Kemudian, bisa jadi masukan bagi kita untuk terus meningkatkan kualitas diri. Kompetensi yang terus diasah tersebut akan menjadi suatu nilai tambah bagi kita. Setidaknya, dengan mengikuti ajang-ajang kompetisi, kita bisa mendapat pelajaran dan pengalaman yang berharga (meski tidak selalu harus menang).

Leave a Reply

