Efek Media

Baru-baru ini marak (lagi) desas-desus mengenai NII, padahal NII ini sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu. Sekarang kembali mencuat ke publik seolah baru saja muncul. Pemberitaan media dimana-mana sama, meributkan kembali aksi NII ini. Akibatnya, opini publik pun tergiring lagi untuk mewaspadai aksi NII ini. Padahal, mungkin sebelum ada pemberitaan ini, publik bersikap biasa-biasa saja.

Sama juga ketika marak aksi teror bom beberapa waktu lalu. Media gencar sekali menayangkan pemberitaan mengenai teror bom sehingga membuat masyarakat merasa ketakutan (phobia) terhadap benda yang berbau misterius. Padahal, benda yang dicurigai tersebut tidak terbukti membahayakan. Lagi-lagi ini hanya efek media. Lihat saja hari ini, masyarakat mulai terbiasa lagi (tidak merasa phobia) setelah media berhenti melakukan pemberitaan.

Efek media bisa kita lihat lagi pada fenomena Briptu Norman. Padahal, menurut saya ini merupakan hal yang biasa-biasa saja. Sudah banyak aksi nyeleneh seperti itu. Namun, karena media ramai-ramai melakukan pemberitaan (yang menurut saya terlalu berlebihan), akhirnya opini publik pun tergiring untuk mengikuti pemberitaannya. Kini, perlahan-lahan pemberitaan mengenai Briptu Norman mulai berkurang. Dan lihat, publik bersikap wajar kembali.

Ya, inilah efek media. Seringkali apa yang diberitakan di satu media, diberitakan juga di media lainnya. Sehingga membuat suatu multiplier effect yang besar bagi masyarakat. Kita tidak bisa memungkiri bahwa media juga mencari efek penarik, masyarakat harus bertindak cerdas terhadap pemberitaan media. Saya yakin, masyarakat mampu memilih dan memilah mana-mana saja pemberitaan yang memang layak untuk dikonsumsi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s