Pembiasaan

Konon, sesuatu hal yang pasti di dunia ini adalah perubahan. Ini pula yang dijadikan pijakan bagi seseorang atau kelompok untuk membuat suatu perbaikan. Mengadakan perubahan dari keadaan yang satu ke keadaan yang lain untuk mencari yang terbaik. Namun, seringkali perubahan itu bukan berasal dari kesadaran individu, tidak berangkat dari kesadaran kolektif, tapi perubahan datang dari lingkungan di luar dirinya. Inilah perubahan yang tidak dikehendaki.

Kehidupan bukanlah rangkaian peristiwa yang saling terkait dan susul-menyusul, tapi justru merupakan serangkaian perubahan yang dapat mengubah kondisi-kondisi lain secara tidak terduga. Perubahan terjadi secara tidak linier, diskontinyu, dan tak dapat diramalkan. Namun, perubahan dikatakan sesuatu hal yang pasti.

Secara naluriah, manusia merasa enggan menghadapi perubahan—-perubahan yang berasal dari luar dirinya. Oleh karena itu, manusia kadang menciptakan suatu antibodi dalam dirinya untuk menolak perubahan tersebut, meski perubahan itu baik bagi dirinya. Perubahan berarti mengusik zona kenyamanan dirinya. Manusia cenderung merasa enggan untuk keluar dari zona nyamannya. Maka, seringkali terjadi culture shock, keterkejutan untuk sementara saja.

Langkah untuk menghadapi perubahan adalah pembiasaan. Mengondisikan diri untuk dapat beradaptasi dengan perubahan. Memang tidak mudah, tapi pembiasaan inilah yang mampu mengikuti dinamisasi kehidupan. Toh, pembiasaan ini pula yang akan membuat diri kita tetap dinamis dan “elastis” dalam menghadapi perubahan.

Pembiasaan yang dilakukan manusia pada dasarnya adalah sebuah proses latihan keterampilan. Jika semakin sering manusia terlibat dalam latihan, maka akan semakin mahir (terbiasa) manusia itu. Lamanya waktu beradaptasi dengan perubahan ini sejalan dengan besar-kecilnya perubahan tersebut.. Semakin besar perubahan, tentu akan semakin lama waktu adaptasinya. Namun, semakin banyak pengalaman, akan semakin mudah kita membiasakan diri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s