Terra Incognita

Sedikit berfilosofi ah…

Manusia dipilihmenjadi khalifah karena memiliki kemampuan untuk memilih. Dalam setiap langkah, kita selalu menentukan dan mengambil pilihan-pilihan. Kita mengambil pilihan dan mengandalkan nasib kita pada pilihan yang kita buat. Tidak ada pilihan untuk memutar balik. Ibaratnya, kita “bertaruh” dengan seluruh hidup kita pada setiap pilihan yang kita buat. Bertaruh dalam artian kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi di depan.

Kita hanya bisa memperkirakan apa yang mungkin terjadi dan seberapa besar kemungkinan (probabilitas)-nya. Pada dasarnya, kita hidup dalam ruang lingkup probabilitas. Kita bertaruh dengan segala kemungkinan yang kita harapkan dapat menjadi yang terbaik. Kita tidak tahu manakah yang terbaik untuk kita, meski kita tahu apa yang kita inginkan.

Bagaimanapun, kita bisa memilih permulaan. Kita dapat memperkirakan bagaimana keberjalanannya dan berandai-andai bahwa semuanya berjalan sesuai dengan yang telah kita perhitungkan. Namun, memang kita sedang bertaruh, kita tidak dapat memilih hasil dari langkah yang telah kita tempuh. Ada aturan mainnya; ada aturan probabilitas yang berlaku; dan ada faktor keberuntungan (kehendak Allah yang kita sukai bentuknya, jumlahnya, dan pilihan waktunya).

Memang kita hidup dalam ranah terra incognita, yaitu ranah tak dikenal yang merupakan bentangan masa depan yang tidak terpetakan. Bukan berarti kita tidak perlu memancangkan rencana; menetapkan tujuan; atau menyusun arah gerak hidup kita. Justru disinilah peluang amal-amal kita untuk menjelajah ranah baru. Sebab alam, jiwa, dan kehidupan adalah ranah tak bertuan, gelap sebagian, dan menarik untuk diterangkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s