Intisari Bacaan

Tidak semua buku yang telah kita baca dapat kita serap semua ilmunya. Dari satu buku yang kita baca, misalnya, paling (mungkin) hanya beberapa saja ilmu yang dapat kita serap. Itu pun tergantung pada konteks ilmu tersebut dengan pemahaman yang sedang dibutuhkan. Selebihnya, mungkin akan menjadi pengetahuan umum saja.

Beberapa intisari yang dapat kita serap ilmunya kemudian akan semakin menambah referensi keilmuan kita. Dari situ, kemudian akan memperkaya wawasan dan semakin memahamkan pola pikir kita. Lalu, apakah dengan membaca buku yang tebal akan menjamin kita untuk mendapat intisari yang banyak? Belum tentu. Bisa iya. Bisa tidak. Tergantung sikap ilmiah kita dalam mengelola hasil membaca tersebut dan tergantung pada intisari yang ingin kita pahami.

Apakah dengan begitu kegiatan membaca kita jadi sia-sia? Tentu tidak. Toh, memang kemampuan otak kita ada batasnya. Tidak semua informasi dapat kita serap. Mungkin ada yang terserap tapi kemudian lupa. Namun, ada juga intisari yang memang benar-benar memengaruhi pola pikir kita secara besar-besaran, meski intisari yang kita dapatkan tersebut tidak begitu banyak.

Jadi, agar peluang kita mendapat intisari—-dari bacaan—-semakin banyak, maka hal yang harus dilakukan adalah memperbanyak bacaan. Meskipun kita mendapat beberapa intisari saja dari satu bacaan, tapi jika banyak bahan yang kita baca, itu akan semakin memperbanyak intisari. Dan jangan segan-segan untuk membuka kembali bahan bacaan kita yang telah lalu untuk mengingat dan memahami kembali intisari penting yang terlupakan.

One thought on “Intisari Bacaan

  1. Juanda

    Betul, semakin banyak yg kita baca. Semakin banyak pengalaman ilmiah.. Hehe.
    tetap membaca🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s