Harkitnas

Sejak kapan ya muncuk plesetan ini: Hari Kejepit Nasional? Apa bisa dibilang hari Senin kemarin sebagai Hari Kejepit Nasional? Atau biasanya terjadi ketika ada dua hari libur yang mengapit (menjepit) satu hari kerja. Kemungkinan pemerintah akan menetapkannya sebagai cuti bersama. Hal ini dilatarbelakangi oleh menurunnya produktivitas pegawai/karyawan saat Hari Kejepit itu.

Kebanyakan, para pegawai pemerintah ataupun swasta sudah mengambil cuti terlebih dahulu (meliburkan diri). Ya, daripada cuti sebagian-sebagian, lebih baik dicutikan saja bersama-sama. Toh, ketidakberfungsian di salah satu posisi kerja akan memengaruhi keberjalanan posisi yang lain. Daripada kerja tidak efektif dan efisien, lebih baik diliburkan (cuti) saja secara bersama-sama.

Alhasil, menurut pemerintah, cuti bersama dapat membuat kinerja lebih efektif dan efisien. Meski tidak berlaku untuk dunia bisnis dan industri yang notabene bekerja tidak mengenal waktu. Namun, cuti bersama juga bisa dipandang sebagai upaya untuk memberdayakan ekonomi masyarakat. Hasil jerih payah yang didapat saat kerja, bisa “diputar” terus saat berlibur.

Lihat saja, betapa cuti bersama sangat efektif untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan juga perekonomian. Meski ada beberapa pihak juga yang mengeluhkan, seperti menurunnya kualitas pelayanan publik. Ya, di luar itu, nampaknya masyarakat senang sekali dengan Harkitnas ini. Hitung-hitung, mengurangi kepenatan di tengah-tengah rutinitas.

2 thoughts on “Harkitnas

  1. Agus Santosa

    ternyata cuti bersama belum tentu membuat para pegawai jd disiplin ya..
    Sy baca di koran ternyata masih ada aja yg datang terlambat pas mulai kerja lagi..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s