Tingkatan Ilmu

Ilmu pengetahuan yang kita dapat ternyata telah melalui berbagai tingkatan. Tidak bisa sekali jadi. Hal ini juga agar kita dapat lebih memahami ilmu secara komprehensif. Bisa jadi, untuk ilmu yang tidak terlalu berat, kita akan mudah memahaminya. Namun, untuk ilmu yang agak berat, kita memerlukan proses yang berkepanjangan untuk dapat memahami ilmu tersebut.

Berdasarkan tingakatannya, ilmu itu dibagi menjadi empat tingkat:

  • Data

Jika hanya sebatas pengetahuan umum yang belum diketahui untuk apa dan bagaimana penerapannya. Data ini menjadi lebih mudah dipahami jika ditambahkan dengan kata atau tanda bantuan.

Contoh: 1

Kita tidak bisa menafsirkan makna dari “1” tersebut karena informasinya hanya sebatas “1”. Inilah data, akan menjadi lebih berguna jika ditambahkan dengan kata atau tanda bantuan.

  • Informasi

Informasi ini berada setingkat di atas data. Data yang telah diberi kata atau tanda bantuan akan menjadi lebih mudah dipahami. Inilah informasi.

Contoh: 1$

Nah, jika ditambahkan dengan tanda dollar “$”, kita akan lebih mudah memahami maksudnya. Kita bisa mendapat informasi dari situ.

  • Pengetahuan

Pengetahuan berada setingkat di atas informasi. Pengetahuan ini berasal dari informasi-informasi yang dapat memberi kita pengetahuan.

Contoh: 1$ = Rp. 9.000,00 (misal saja)

Informasi seperti ini dapat memberikan kita pengetahuan baru dalam kurs nilai mata uang.

  • Kebijaksanaan (wise)

Inilah tingkatan tertinggi dari ilmu. Dari data, informasi, dan pengetahuan yang didapat, kita dapat mengambil pilihan-pilihan. Misal saja, kita tahu bahwa 1$ = Rp.9.000,00, dari pengetahuan itu kita dapat mengambil berbagai keputusan, misalnya nilai tukar rupiah terlalu tinggi. Dari sini kemudian kita dapat mengambil berbagai kebijakan-kebijakan dengan berbagai pertimbangan berdasarkan pengetahuan yang kita miliki. Inilah kebijaksanaan, puncak dari tingkatan ilmu.

Benarlah peribahasa yang mengatakan bahwa, “Semakin berisi (ilmu), harusnya bisa semakin merunduk”. Merunduk ini adalah pemaknaan dari kebijaksanaan.

2 thoughts on “Tingkatan Ilmu

  1. Haruman

    Yap, baca contoh simpelnya jd paham.. Bener jg ya Wise adalah puncak ilmu tertinggi🙂

    Reply
  2. ardina

    Makin berisi, makin merunduk. Udh banyak ilmunya ya itu.. Tp ada jg yg ga merunduk, tp “patah”..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s